MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP DI PENGUNGSIAN PASAR BARU PORONG

Susanti, Ita Rini, NIM. 110310718 (2008) MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP DI PENGUNGSIAN PASAR BARU PORONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-susantiita-7961-abstrak.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26570.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus tentang motivasi belajar yang bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yang tinggal di pengungsian pasar baru Porong. Paradigma fenomenologi dipilih dalam penelitian ini, karena paradigma fenomenologi dipandang paling sesuai untuk penelitian psikologi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, tes psikologis dan kuisioner. Kredibilitas penelitian diperoleh dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi metodologis. Teknis analisis data yang digunakan untuk mengolah data-data hasil wawancara adalah pendekalan "the Empirical Phenomenological Psychological method" (EPP). EPP adalah teknis analisis yang dihasilkan oleh Georgi dan dikembangkan khusus untuk penelitian kualitatif dalam bidang-¬bidang psikologi, yang terdiri dari 5 langkah, yaitu (1) Peneliti memahami transkrip wawancara. (2)Menentukan Meaning Units (MU), (3)Mentransformasi Meaning Units (MU), (4) Mengkategorisasikan, (5)Mengelompokkan kedalam tema-tema yang telah ditentukan dan lebih spesifik. Proses analisis tersebut menghasilkan 357 Meaning Units yang kemudian dikelompokkan kedalam 98 kategori. Langkah terakhir dalam proses analisis adalah memunculkan gambaran-gambaran yang lebih umum dengan mengelompokkan kategori-kategori tersebut kedalam tema-tema yang lebih umum. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan tentang: (1) siswa di penampungan masih memiliki motivasi untuk bersekolah namun motivasi belajar mereka masih kurang. (2)Keinginan mereka untuk belajar sangat rendah hal ini dikarenakan oleh banyaknya gangguan di penampungan dan juga kondisi lingkungan di penampungan yang kurang memungkinkan untuk belajar. (3)motivasi belajar sangat dipengaruhi oleh kedua faktor baik endogen maupun eksogen, namun yang paling besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di pengungsian adalah faktor eksogen yaitu pengaruh dari orang tua dan teman sekolah dan juga keadaan sosiologis lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 28/08 Sus m
Uncontrolled Keywords: EDUCATIONAL STATUS; CHILD PSYCHOLOGY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Susanti, Ita Rini, NIM. 110310718UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNur Ainy Fardana Nawangsari, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Nov 2008 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26570
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item