HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LANJUT USIA TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT KECENDERUNGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA YANG MENGALAMI SINDROM SANGKAR KOSONG

Mariatul Kiftiah, 110110480 (2005) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LANJUT USIA TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT KECENDERUNGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA YANG MENGALAMI SINDROM SANGKAR KOSONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-kiftiahmar-1401-psi72_0-t.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26584.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi semakin meningkatnya laju pertambahan jumlah lanjut usia yang ada di Indonesia. Meningkatnya jumlah lanjut usia tersebut akan bisa memunculkan banyak permasalahan yang kemungkinan akan berkembang menjadi hal yang lebih kompleks, khususnya masalah pada lanjut usia itu sendiri. Salah satu masalah yang banyak dialami oleh lanjut usia adalah masalah sindrom sangkar kosong. Hal ini akan sangat berpengaruh negatif pada lanjut usia jika lanjut usia tidak dapat melakukan coping dengan baik. Sebagian besar lanjut usia yang mengalami sindrom sangkar kosong diakibatkan oleh persepsi mereka yang buruk terhadap lingkungan, khususnya keluarga mereka. Hal ini disebabkan karena mereka merasa jauh dan merasa ditinggalkan oleh anak — anaknya. Pengaruh dari perasaan kesepian dan tidak dihargai tersebut akan berimbas depresi pada dirinya Populasi penelitian ini adalah lanjut usia yang berusia 60 tahun ke atas dengan sindom sangkar kosong yang dialaminya. Subjek bertempat tinggal di Desa Gondang Kulon Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk tepatnya di RW 1, RW 2, RW 3, dan RW 4. Sampel diambil dengan tekhnik purposive non random sampling. Dari 43 kuesioner yang disebarkan, 17 orang mengalami sindrom sangkar kosong dan akhirnya menjadi subjek penelitian. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan mengolah skor yang diperoleh dari kuesioner sindrom sangkar kosong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.72/06 Kif h
Uncontrolled Keywords: DEPRESSION IN OLD AGE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Mariatul Kiftiah, 110110480UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNurul hartini, S.Psi.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 07 Jul 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26584
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item