STUDI HUBUNGAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ETIKA IKLAN DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK PEMUTIH WAJAH PONDS

Ira Riska Laksmiwati, 110010420 (2005) STUDI HUBUNGAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ETIKA IKLAN DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK PEMUTIH WAJAH PONDS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-laksmiwati-1410-psi.79_-t.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26585.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara persepsi konsumen terhadap etika iklan dengan intensi membeli produk pemutih wajah Ponds. Persepsi konsumen terhadap etika iklan adalah sebuah proses memilih, mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi dalam hal ini iklan (pesan yang dibiayai oleh sponsor dan ditujukan kepada konsumen) sehingga tercipta sebuah gambaran yang berarti apakah pesan tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip yang mengatur perilaku individu selaku konsumen. Intensi membeli adalah niat atau kehendak individu untuk membeli suatu produk tertentu. Semakin besar intensi individu untuk membeli suatu produk, maka semakin besar pula probabilitas individu untuk membeli produk tersebut. Tipe penelitian ini adalah confirmatory atau explanatory research yaitu penelitian yang mencoba menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan melakukan uji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Subyek penelitian adalah orang-orang yang sedang menggunakan, pernah membeli atau pernah menggunakan dan akan membeli produk pemutih wajah Ponds atau produk pemutih wajah lain; berusia antara 18-50 tahun, bertempat tinggal di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling karena jumlah populasi yang sesuai dengan karakteristik penelitian tidak diketahui dengan pasti. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dimodifikasi. Setelah dilakukan tryout dilakukan uji validitas dan reliabilitas alat ukur. Untuk uji validitas alat ukur menggunakan content validity dan face validity sedangkan uji validitas item menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas item menggunakan Alpha Cronbach. Untuk kuesioner persepsi terhadap etika iklan hasil uji validitas item adalah nilai rxy item sahih berkisar antara 0,4157 sampai dengan 0,7917, sedangkan nilai rxy item yang gugur berkisar antara -0,1176 sampai dengan 0,3514 dengan hasil reliabilitas atau nilai r sebesar 0,9484. Kuesioner intensi membeli nilai rxy item sahih berkisar antara 0,3643 sampai dengan 0,7756, sedangkan nilai rXy gugur berkisar antara – 0,0821 sampai dengan 0,3549 dan hasil reliabilitas atau nilai r sebesar 0,9405. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah analisis korelasi menggunakan teknik korelasi Product Moment Karl Pearson. Dan uji hipotesis diperoleh hasil bahwa hubungan variabel independen dengan variabel dependen adalah positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi r sebesar 0,210 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian hipotesis kerja diterima, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi konsumen terhadap etika iklan dengan intensi membeli produk pemutih wajah Ponds.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.79/06 Lak s
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ802.5 Matrimonial advertisements
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Ira Riska Laksmiwati, 110010420UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorC.D Ino Yuwono, Drs.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 11 Jul 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26585
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item