HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENYESUAIAN DIRI DAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL DI PANTI WREDA HARGO DEDALI SURABAYA

SRI UTAMI SORAYA DEWI, 110210040 (2006) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENYESUAIAN DIRI DAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL DI PANTI WREDA HARGO DEDALI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2007-dewisriuta-4910-psi160-t.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-dewisriuta-4910-psi1607(1).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari jawaban secara ilmiah mengenai hubungan antara tingkat penyesuaian diri dan tingkat depresi pada lanjut usia yang tinggal di panti wreda Hargo Dedali Surabaya. Hipotesis kerja yang diajukan berbunyi: Ada hubungan antara tingkat penyesuaian diri dan tingkat depresi pada lanjut usia yang tinggal di panti wreda Hargo Dedali Surabaya. Penelitian ini merupakan tipe penelitian penjelasan (explanatory research), dan berdasarkan pendekatannya termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh para lanjut usia yang tinggal di panti wreda Hargo Dedali Surabaya sejumlah 20 subyek dengan kriteria: wanita lanjut usia, tidak cacat fisik, tidak cacat mental dan mampu berkomunikasi dengan baik. Dari 20 subyek penelitian, yang bersedia menjadi subyek penelitian hanya 16 orang saja. Oleh karena terbatasnya jumlah populasi ini, maka penulis menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Hal ini disebut sampel total atau sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain kuisoner tingkat penyesuaian diri dan BDI (Beck Depression Inventori). Untuk menguji validitas kuisoner tingkat penyesuaian diri menggunakan validitas isi dan validitas item. Validitas BDI menggunakan pendekatan konsistensi internal dengan teknik korelasi product moment dan Pearson melalui program SPSS versi 12.0 for windows. Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan penghitungannya menggunakan program SPSS versi 12.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah teknik tata jenjang Spearman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.16/07 Dew h
Uncontrolled Keywords: DEPRESSION IN OLD AGE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
SRI UTAMI SORAYA DEWI, 110210040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDewi Retno Suminar, Dra.,MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 18 Jun 2007 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26598
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item