STUDI PENGARUH TINGKAT SELF EFFICACY DAN INTENSI SADARI TERHADAP PERILAKU SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) PADA WANITA DEWASA DENGAN FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA

DWI FITRI UTAMININGSIH, 110310764 (2008) STUDI PENGARUH TINGKAT SELF EFFICACY DAN INTENSI SADARI TERHADAP PERILAKU SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) PADA WANITA DEWASA DENGAN FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2008-utaminings-8056-abstract-8.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-utaminings-7842-psi2908.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan pendekatan analisisnya, penelitian tergolong dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini juga tergolong tipe eksplanatori atau penjelasan, yang sesuai dengan tujuannya yaitu untuk mengetahui secara empiric ada atau tidaknya pengaruh tingkat self efficacy dan intensi SADARI terhadap perilaku SADARI (periksa payudara sendiri) pada wanita dewasa dengan faktor resiko kanker payudara. Sehingga terdapat 3 hubungan yang akan diselidiki, yaitu 1) pengaruh tingkat self efficacy dan intensi SADARI terhadap perilaku SADARI; 2) pengaruh tingkat self efficacy terhadap perilaku SADARI dan 3) pengaruh intensi SADARI terhadap perilaku SADARI. Lokasi penelitian ialah di Rumah Sakit Onkologi Surabaya (RSOS). Penelitian dilakukan pada 37 subyek wanita dewasa dengan rentang usia 20 hingga 50 tahun yang memiliki satu atau lebih faktor resiko kanker payudara, diantaranya yang mengunjungi lokasi penelitian maupun kerabat sedarah dari anggota RSS RSOS (Reach To Recovery). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua self report kuesioner yaitu tentang self efficacy (31 item) dan intensi SADARI (31 item), serta sebuah angket tentang frekuensi praktek SADARI. Validitas yang dipakai ialah validitas isi dan validitas item yang diuji dengan analisis item. Dari hasil uji reliabilitas dengan tehnik Alpha Cronbach (Single-trial administration) diperoleh α = 0,950 untuk skala tingkat self efficacy dan α = 0,911 untuk skala intensi SADARI, jadi dapat disimpulkan kedua skala adalah alat ukur yang reliabel. Analisis data dilakukan dengan tehnik statistik analisis regresi berganda (Multiple Regression Analysis), dengan bantuan program SPSS for windows versi 12.0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.29/08 Uta s
Uncontrolled Keywords: MOTIVATION IN HEALTH; BREAST NEOPLAS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
DWI FITRI UTAMININGSIH, 110310764UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang R.Sujarningrum, M.ApplPsych.,PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 12 Nov 2008 12:00
Last Modified: 17 Jul 2017 00:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26624
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item