HUBUNGAN ANTARA TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT DENGAN SIKAP MENGHADAPI MASA DEPAN PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN YAYASAN WACHID HASYIM SURABAYA

Erin Ratna Kustanti, 110210537 (2006) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT DENGAN SIKAP MENGHADAPI MASA DEPAN PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN YAYASAN WACHID HASYIM SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2007-kustantier-4822-kkbkk-2-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2007-kustantier-4822-psi280-h.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap yang terbentuk pada remaja dalam menghadapi masa depannya sebag.ai bagian dari tugas-tugas perkembangannya dan kaitannya dengan daya juang yang dimilikinya, atau disebut dengan adversity quotient. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat adversity quotient dengan sikap menghadapi masa depan pada remaja yang tinggal di Panti Asuhan Yayasan Wachid Hasyim Surabaya. Penelitian ini difokuskan pada remaja yang tinggal di panti asuhan dengan asumsi bahwa mereka yang harus menjalani konsekuensi karena kehilangan orangtua yaitu hilangnya figur orangtua, tidak adanya dukungan fisik dan emosional yang sangat diperlukan remaja dalam menghadapi masa krisis (masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa) dalam kehidupannya dan ketidakstabilan perasaan dan emosi memiliki kekhawatiran dalam menghadapi masa depan (ketidakpastian masa depan). Selain itu, pertimbangan lainnya adalah permasalahan-permasalahan yang akan dialami remaja tersebut dalam meraih masa depannya cukup kompleks karena adanya latar belakang keluarga yang kurang menyenangkan, keterbatasan┬Čketerbatasan dalam kebutuhan materi dan psikologis, serta kemungkinan perkembangan kepribadian yang kurang baik akibat keterlantaran yang dialaminya. Populasi penelitian ini adalah remaja yang tinggal di Panti Asuhan Yayasan Wachid Hasyim Surabaya yang berjumlah 60 orang, kemudian diambil sampel berdasarkan tabel kelayakan sampel Krejcie sebanyak 52 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner Adversity Quotient untuk variabel tingkat adversity quotient. Kuisioner ini disusun dalam bentuk skala likert dengan alternatif jawaban SS (sangat sesuai), S (sesuai), TS (tidak sesuai), STS (sangat tidak sesuai). Data variabel sikap menghadapi masa depan didapat dari kuisioner sikap menghadapi masa depan. Kuisioner ini juga disusun dalam bentuk skala likert dengan alternatif jawaban SS (sangat sesuai), S (sesuai), TS (tidak sesuai), STS (sangat tidak sesuai).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 28/07 Kus h
Uncontrolled Keywords: FOSTER CHILDREN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Erin Ratna Kustanti, 110210537UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuryanto, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 15 Jun 2007 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 21:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26639
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item