HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LAKI-LAKI TERHADAP BUDAYA PATRIARKI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU MELECEHKAN WANITA SECARA SEKSUAL DI TEMPAT KERJA

Dira Prawispati Chandra Diputri, 1102510557 (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI LAKI-LAKI TERHADAP BUDAYA PATRIARKI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU MELECEHKAN WANITA SECARA SEKSUAL DI TEMPAT KERJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2008-diputridir-7482-psi89_0-k.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-diputridir-7248-psi89_07.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya pelecehan seksual yang terjadi di dunia kerja. Dalam dunia kerja seorang pekerja diharapkan bertindak profesional, namun pelecehan seksual, yang merupakan tindakan yang sangat tidak profesional, justru sering terjadi. Pada kenyataannya, pelecehan seksual banyak dilakukan oleh laki-laki terhadap wanita dikarenakan mereka merasa dilegitimasi oleh budaya dan masyarakat bila mengekspresikan hasrat seksual mereka secara lebih bebas. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu menguji hubungan antara persepsi laki-laki terhadap budaya patriarki dengan kecenderungan perilaku melecehkan wanita secara seksual di tempat kerja. Hipotesis penelitian yang diajukan berbunyi: ada hubungan antara persepsi laki-laki terhadap budaya patriarki dengan kecenderungan perilaku melecehkan wanita secara seksual di tempat kerja. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para staff "Perusahaan X" sejumlah 43 subjek dengan kriteria: laki-laki, berusia diantara 21-40 tahun, bekerja dan bersuku jawa. Jumlah populasi yang minim, mendorong peneliti menggunakan seluruh populasi sebagai sampel, hal ini disebut dengan sampel total atau sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner skala Likert, yang terdiri dari dua skala yaitu skala persepsi laki-laki terhadap budaya patriarki dengan empat alternatif jawaban, yaitu Sangat Tidak Setuju (STS), Tidak Setuju (TS), Setuju (S) dan Sangat Setuju (SS); skala kecenderungan perilaku melecehkan wanita secara seksual dengan empat alternatif jawaban, yaitu Sering Sekali (SS), Sering (S), Jarang (J), dan Tidak Pernah (TP). Dalam uji validitas dan reliabilitas, peneliti menggunakan validitas isi dan validitas item; sedangkan reliabilitas yang digunakan adalah teknik Alpha Cronbach yang diolah dengan bantuan program SPSS for Windows versi 14. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan nilai R = 0,774 dengan p = 0,000, dapat disimpulkan bahwa secara umum terdapat hubungan antara persepsi laki-laki terhadap budaya patriarki dengan kecenderungan perilaku melecehkan wanita secara seksual di tempat kerja. Hasil persamaan regresinya adalah Y = 8,526 + 1,181X, yang menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel adalah positif, artinya peningkatan pada variabel X akan menyebabkan peningkatan pada variabel Y, begitu pula sebaliknya. Prediksi sumbangan variabel X terhadap variabel Y dapat dilihat dari hasil R Square pada Anareg, yaitu sebesar 59,9%. Hal ini berarti 41,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 89/07 Dip h
Uncontrolled Keywords: SEXUAL HARASSMENT; SEXUAL EXPLOITATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Dira Prawispati Chandra Diputri, 1102510557UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM.Ghazali Bagus A.P, S.Psi.,PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 06 Jun 2008 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 22:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item