METODE PENETAPAN PRICING KREDIT PEMILIKAN RUMAH SYARIAH (STUDI KASUS: BANK JATIM SYARIAH)

NURUL KHOMARIYAH, 041014092 (2015) METODE PENETAPAN PRICING KREDIT PEMILIKAN RUMAH SYARIAH (STUDI KASUS: BANK JATIM SYARIAH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-khomariyah-37169-4.abst-k.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
2669.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajemen Bank harus mampu menentukan tingkat margin yang tepat (pricing) baik untuk lending maupun funding sehingga dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Pada umumnya kegiatan suatu bank terkonsentrasi pada bidang perkreditan, baik bank konvensional ataupun bank syariah, karena kegiatan perkreditan atau pembiayaan memberikan sumbangsih terbesar terhadap pendapatan bank. Idealnya, bank syariah menerapkan margin keuntungan pembiayaan yang lebih rendah daripada suku bunga kredit bank konvensional. Namun penetapan margin yang diberikan oleh perbankan syariah terkadang lebih tinggi dari suku bunga perbankan konvensional. Contohnya salah satu pembiayaan konsumtif, Kredit Pemilikan Rumah Syariah yang menggunakan akad pembiayaan murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana metode penetapan pricing pembiayaan KPR di bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi terus terang pada Bank Jatim Syariah dan Penyelia Operasional Pembiayaan sebagai informan utama. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis domain dan taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pricing yang Bank Jatim Syariah adalah cost plus profit margin. Komponen cost terdiri dari cost of financing fund, overhead cost, dan risk factor. Penetapan pricing Bank Jatim Syariah memperhatikan beberapa faktor yang terdiri dari faktor kebijakan pemerintah berupa ketetapan BI rate, faktor operasional berupa biaya-biaya, faktor ALMA berupa penetapan profit margin, dan faktor pasar berupa margin rata-rata bank syariah sebagai kompetitor langsung dan bunga bank konvensional sebagai kompetitor tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.62/15 Kho m
Uncontrolled Keywords: finance of pricing, pricing method and factors
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NURUL KHOMARIYAH, 041014092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNoven Suprayogi, S.E., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 07 May 2015 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item