PENGARUH INTERACTIVE WORD PROGRAM TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS II SDN AIRLANGGA II SURABAYA

Widi Puspita Sari, 110110455 (2005) PENGARUH INTERACTIVE WORD PROGRAM TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS II SDN AIRLANGGA II SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-sariwidipu-1420-psi73_0-k.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
Text (ful text)
gdlhub-gdl-s1-2006-sariwidipu-1420-psi_73_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah bahasa asing yang paling banyak digunakan dan dipelajari. Indonesia membuat kebijakan konkret dengan memasukkan pelajaran bahasa Inggris dalam kurikulum sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar. Bahasa Inggris yang diberikan dari kelas satu sekolah dasar ini karena hasil yang maksimal akan diperoleh jika anak mempelajarinya sedini mungkin. Asher&Garcia menyebutkan waktu yang ideal untuk mempelajarinya adalah saat anak berusia. 2-12 tahun. Hal ini dijelaskan Eric H. Lenneberg dengan adanya critical period dimana sebelum masa pubertas otak anak lentur sehingga mudah untuk menguasai bahasa. Pembelajaran kosa kata bahasa Inggris sebagai salah satu komponen dasar terpenting bahasa secara benar penting bagi perkembangan kemampuan berbahasa Inggris anak. Lerner menyebutkan bahwa penguasaan kosa kata adalah aset yang hebat dalam berbahasa. Penguasaan tersebut membutuhkan metode belajar kosa kata bahasa Inggris yang efektif dan sesuai dengan perkembangan kognisi anak Metode belajar kosa kata yang disesuaikan dengan perkembangan anak tersebut adalah Interactive Word Program yang dalam penelitian ini akan diuji apakah dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris pada siswa kelas 2 SDN Airlangga Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian true experiment. Variabel bebasnya adalah Interactive Word Program dan variabel tergantungnya adalah kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris. Desain penelitian yang digunakan yaitu before after research design dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunalan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 11.5 for Windows memberikan signifikansi sebesar 0,001. Nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 ini membuktikan bahwa Interactive Word Program dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Inggris pada siswa kelas 2 SDN Airlangga II Surabaya. Hasil uji statistik tersebut menunjukkan bahwa guru dapat menggunakan metode tersebut dalam mengajarkan kosa kata bahasa Inggris di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.73 /06 Sar p
Uncontrolled Keywords: WORD PROGRAMMING; VOCABULARY - STUDY AND TEACHIMG
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Widi Puspita Sari, 110110455UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. M. W. Tairas, Dr.,MA.,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 12 Jul 2006 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 22:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item