Perbedaan Tingkat Kecemasan pada Wanita Usia Dewasa Madya dalam Menghadapi Menopause antara Ibu Bekerja dengan Ibu Tidak Bekerja.

Indri Arsia Achdiati, 119910305 (2006) Perbedaan Tingkat Kecemasan pada Wanita Usia Dewasa Madya dalam Menghadapi Menopause antara Ibu Bekerja dengan Ibu Tidak Bekerja. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-achdiatiin-3239-psi81_0-k.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2006-achdiatiin-3239-psi81_0-u.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa menopause adalah masa berhentinya menstruasi yang akan terjadi pada setiap wanita dewasa madya usia 40 sampai 60 tahun, dimana pada masa ini wanita akan kehilangan kemampuan untuk memiliki dan mclahirkan anak. Masa menopause merupakan masa yang berpotensi dapat menimbulkan kecemasan. Namun respon terhadap datangnya masa menopause memiliki keragaman, diantara penyebabnya adalah pengetahuan, wawasan dan aktivitas yang dijalani oleh wanita usia dewasa madya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya perbedaan tingkat kecemasan pada wanita usia dewasa madya dalam menghadapi menopause antara ibu bekerja</b> dengan ibu tidak bekerja</b>. Tipe penclitian ini adalah penelitian komparatif, dengan jurnlah responden penelitian 100 orang dari populasi ibu bekerja</b> dan ibu tidak bekerja</b> yang tinggal di Perumnas Manukan Kulon RW VI, Kecamatan Tandes, Kotamadya Surabaya yang diambil dengan Teknik Proporsional Sampling>. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner Skala Kecemasan yang disusun berdasar Skala Likert. Validitas alat ukur diuji dengan mcnggunakan teknik statistik t-Test. Seluruh perhitungan data atau proses analisa data secara statistik mcnggunakan bantuan program komputer SPSS 10.00. Item-item yang dinyatakan valid untuk kuesioner tingkat kecemasan dalam menghadapi menopause sebanyak 47 butir, dan 13 butir Iainnya dinyatakan gugur. Pengukuran tersebut menggunakan uji validitas teknik t-Test dengan taraf signifikansi 5%. Dengan menggunakan teknik Alpha Cronhach, alat ukur dalam penelitian ini dinyatakan reliabel karena nilai reliabilitas untuk kuesioner tentang tingkat kecemasan dalam menghadapi menopause adalah lebih besar dari 0,165, di mana nilai r untuk kuesioner tingkat kecemasan dalam menghadapi menopause sebesar 0, 8596. Melalui analisis data dengan bantuan program SPSS 10.00 menggunakan teknik t-Test, maka didapatkan hasil nilai t = -3,813 dengan nilai p = 0,000. Karena nilai p kurang dari 0,05, maka nilai tersebut signifikan dan hipotesis dapat diterima. Dari pengumpulan data sebagai dasar untuk menjawab masalah dan hipotesa penelitian, diperoleh basil kcsimpulan penelitian yang bcrbunyi: "Ada perbedaan tingkat kecemasan pada wanita usia dewasa madya dalam menghadapi menopause antara ibu bekerja</b> dengan ibu tidak bekerja</b>", berarti hipotesa diterima, dimana pada ibu tidak bekerja</b> memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi dari ibu bekerja</b> dalam menghadapi menopause.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 81/06 Ach p
Uncontrolled Keywords: Menopause
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K85-89 Legal research
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Indri Arsia Achdiati, 119910305UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHamidah, Dra.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 18 Dec 2006 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 22:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26728
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item