PENGARUH PELATIHAN APPRECIATIVE INQUIRY TEAMBUILDING DALAM MENINGKATKAN EFFEKTIFITAS TIM OLAHRAGA PELAJAR SMU

Herison P. Purba S., 110210587 (2007) PENGARUH PELATIHAN APPRECIATIVE INQUIRY TEAMBUILDING DALAM MENINGKATKAN EFFEKTIFITAS TIM OLAHRAGA PELAJAR SMU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-herisonppu-5360-psi52_0-k.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (full text)
herison.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Olahraga adalah salah satu bidang yang penting karena merupakan pondasi bangsa olahraga dan juga turut mempengaruhi pembentukan karakter bangsa. Pada bidang olahraga telah sejak lama digunakan istilah tim sebagai kendaraan yang effektif dalam mencapai tujuan bersama. Kompetisi global, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin kompleks semakin menuntut adanya kolaborasi lintas keahlian, sehingga keberadaan tim mutlak diperlukan. Kenyataannya kerja tim olahraga seringkali mengalami hambatan, ketidak harmonisan proses kerja tim yang mengakibatkan kinerja tim tidak effektif.oleh karena itu, penelitian ini diadakan sebagai upaya untuk melihat apakah pelatihan Appreciative Inquiry Teambuilding efektif dalam meningkatkan Effektifitas Tim pada Tim Olahraga Pelajar SMU. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dan menggunakan metode quasi experiment. Variabel penelitian ini adalah pelatihan Appreciative Inquiry Teambuilding sebagai variabel bebas (X) dan Effektifitas Tim sebagai variabel tergantung (Y). Desain eksperimen yang digunakan adalah Non Randomized Pretest-Posttest Control Group Design dengan menggunakan Skala Effektifitas Tim sebagai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol, serta pemberian pelatihan Appreciative Inquiry Teambuilding. Subyek penelitian adalah Tim Basket Putra SMU Negri 5 Surabaya. Subjek penelitian merupakan sekumpulan pelajar SMU yang tertarik pada bidang olahraga basket yang sedang menjalankan suatu program tertentu dalam kurun waktu tertentu sebagai upaya untuk mencapai tujuan tim. Kelompok Kontrol adalah Tim Basket Putra SMU Negri 20 Surabaya, yang dipilih berdasarkan proses matching berdasarkan kesamaan skor effektifitas tim, demi mendapat kesamaan kondisi awal dari kelompok eksperimen dan kontrol. Setelah pemberian intervensi, dua minggu kemudian kembali dilakukan posttest. Hasil analisa data menyimpulkan bahwa pelatihan Appreciative Inquiry Teambuilding terbukti tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan effektifitas tim basket putra SMU Negri 5 Surabaya dengan nilai z signifikansi peningkatan skor effektifitas 0,35. Walaupun demikian intervensi secara signifikan meningkatkan kepuasan tim terhadap kinerjanya (z signifikansi 0,0135). Selain itu juga terdapat peningkatan keterampilan bermain basket yang signifikan pada masing-masing individu. Secara kualitatif dilakukan analisa dengan pattern matching pada basil rencana aksi, observasi dan wawancara dapat disimpulkanan bahwa subyek umumnya merasa mendapat pengetahuan dan ketrampilan baru dalam mewujudkan tim yang effektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 52/07 Her p
Uncontrolled Keywords: PELATIHAN APPRECIATIVE INQUIRY TEAMBUILDING;MENINGKATKAN EFFEKTIFITAS TIM OLAHRAGA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Herison P. Purba S., 110210587UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan, M.Psi.,psiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 08 Oct 2007 12:00
Last Modified: 16 Jul 2017 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26743
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item