HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENYESUAIAN DIRI TERHADAP SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

Andry Firmansyah, 110310638 (2007) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENYESUAIAN DIRI TERHADAP SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA MAN INSAN CENDEKIA SERPONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-firmansyah-7074-psi67_0-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2008-firmansyah-7196-psi67_07.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan apakah ada hubungan yang' signifikan antara penyesuaian diri dan motivasi berprestasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa, mengetahui dan menguji hubungan antara penyesuaian diri dan motivasi berprestasi. Hipotesis kerja (Ha) yang diajukan adalah sebagai berikut: ada hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dan motivasi berprestasi Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bertipe explanatory, karena bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel-variabel penelitian melalui uji hipotesis. Penelitian ini memiliki 1 variabel bebas (X) Penyesuaian Diri, yaitu dan 1 variabel terikat (Y), yaitu Motivasi Berprestasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa MAN Insan Cendekia Serpong yang memiliki karakteristik sebagai berikut: SiswalSiswi MAN Insan Cendekia Serpong yang berada di kelas II atau kelas XI berjumlah 118 orang, bersekolah di sekolah Berasrama MAN Insan Cendekia Serpong. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampel Jenuh, yaitu menjadikan semua populasi yang ada untuk dipilih menjadi sample. Dari 118 kuisioner yang disebar, hanya 107 yang dapat digunakan oleh peneliti. Peneliti menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data, yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Peneliti menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan SPSS-versi 12 for Windows. Dari hasil analisa, diperoleh nilai p = 0.000, dan rxy = 0.628, sehingga hipotesis kerja (Ha) menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dan motivasi berprestasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi penyesuaian diri, maka semakin tinggi motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 67/07 Fir h
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri dan motivasi berprestasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Andry Firmansyah, 110310638UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTino Leonardi, S.Psi.,M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 03 Jun 2008 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26747
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item