HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP LABELISASI HALAL MAKANAN KALENG DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MUSLIM DI SURABAYA

M. Agung Wibisono, 110310664 (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP LABELISASI HALAL MAKANAN KALENG DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MUSLIM DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wibisonoma-7071-psi06_0-k.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (full text)
wibisono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persepsi konsumen muslim terhadap labelisasi halal sebagai variabel bebas merupakan penilaian subyektif, pengetahuan dan keyakinan seseorang tentang pentingnya label halal yang ada pads kemasan makanan kaleng. Sarwono mengemukakan bahwa persepsi juga dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman dan Cara berpikir serta keadaan perasaan atau mint tiap-tiap orang. Pengukuran persepsi dilakukan dengan menggunakan pernyataan-pernyataan dengan indikator pengetahuan konsumen, pengaruh lingkungan sosial konsumen, serta kebutuhan, pengalaman masa lalu, kesiapan mental, la-tar belakang budaya, dan hal-hal lain yang termasuk faktor personal konsumen. Penelitian bertujuan untuk meneliti hubungan antara persepsi konsumen muslim terhadap labelisasi halal makanan kaleng dengan pengambilan keputusan pembelian konsumen muslim di Surabaya. Diduga terdapat hubungan antara persepsi konsumen muslim terhadap labelisasi halal makanan kaleng dengan pengambilan keputusan pembelian konsumen muslim di Surabaya Kecenderungan pengambilan keputusan membeli sebagai variabel terikat merupakan kecenderungan seseorang dalam mengambil keputusan membeli makanan kaleng. Pengambilan keputusan merupakan proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi data atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah sate diantaranya Hasil dari proses pengintegrasian ini adalah suatu pilihan yang merupakan keputusan untuk terlibat dalam tindakan tertentu. Pengukuran kecenderunngan pengambilan keputusan dilakukan dengan menggunakan pemyataan-pemyataan dengan indikator konsumen memiliki beberapa alternatif produk lain, konsumen memiliki berbagai informasi tentang produk lain, konsumen melakukan evaluasi/penilaian alas berbagai kategori produk yang akan dibeli, konsumen melakukan pengintegrasian alas berbagai pengetahuan yang dirniliki, dan konsumen melakukan pemebelian. Hasil uji validitas untuk skala pengambilan keputusan menggunakan teknik korelasi product moment, menyatakan dari 68 butir pernyataan yang mengukur variabel terikat terdapat 42 butir yang valid. Sedangkan untuk skala persepsi uji validiatasnya menggunakan nilai Q, menyatakan dari 64 butir pernyataan yang mengukur variabel terikat terdapat 48 butir yang valid. Hasil korelasi kedua variabel menunjukkan hubungan yang positif sebesar 0,191 dengan signifikansi 0,000, dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa ada hubungan antara persepsi konsumen muslim terhadap labelisasi halal makanan kaleng dengan pengambilan keputusan pembelian konsumen muslim di Surabaya diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKBKK-2 Psi 06/08 Wib h
Uncontrolled Keywords: Pengambilan keputusan, persepsi, konsumen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
M. Agung Wibisono, 110310664UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSamian, S.Psi.,M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 03 Jun 2008 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 20:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26750
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item