PERBEDAAN TINGKAT PERILAKU KONSUMTIF ANTARA REMAJA PUTRA DAN REMAJA PUTRI

Dwi Agustina Purwandini, 110210580 (2007) PERBEDAAN TINGKAT PERILAKU KONSUMTIF ANTARA REMAJA PUTRA DAN REMAJA PUTRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-purwandini-7175-psi110_-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (full text)
purwandini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada masa ini terjadi perubahan dalam sikap dan perilaku. Tingkat perubahannya sejajar dengan tingkat perubahan fisik yang disertai perubahan hormonal. Salah satu aspek psikologis yang menyertainya adalah remaja sangat memperhatikan penampilan fisik mereka. Bagi remaja, daya tarik fisik berperan penting dalam hubungan social. Akibatnya, mereka menghabiskan banyak waktu dan pikiran untuk mencari jalan memperbaiki penampilannya. Oleh karena itu, remaja dapat berperilaku konsumtif terhadap produk-produk yang menunjang penampilan fisiknya. Namun, melihat fenomena sekarang ini telah banyak remaja putra yang mulai memperhatikan penampilan fisiknya. Masalah penampilan bukan lagi dominasi remaja putri. Hal ini menimbulkan pertanyaan Baru apakah tingkat perilaku konsumtif antara remaja putra dan remaja putri masih ada perbedaan ataukah tidak ada perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya perbedaan tingkat perilaku konsumtif antara remaja putra dan remaja putri. Tipe penelitian ini adalah penelitian komparatif, dengan jumlah sampel 169 orang siswa putra dan 152 orang siswa putri yang diambil dari populasi siswa-siswi SMP Al Hikmah Surabaya dengan teknik Random Sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala perilaku konsumtif yang disusun berdasarkan Skala Likert. Validitas alat ukur diuji dengan menggunakan teknik statistik t-Test. Seluruh perhitungan data atau proses analisa data secara statistik menggunakan bantuan program komputer SPSS 11.5 for windows. Item-item yang dinyatakan valid untuk kuesioner tingkat perilaku konsumtif sebanyak 40 butir dan 28 butir lainnya dinyatakan gugur. Dengan menggunakan tehnik Alpha Cronbach, alat ukur dalam penelitian ini dinyatakan reliabel karena nilai reliabilitas untuk kuesioner tentang tingkat perilaku konsumtif adalah 0,9030. Melalui analisis data dengan bantuan program SPSS 11.5 for windows, menggunakan teknik Independent Sampel t-Test, didapatkan hasil nilai t = - 2,398 dengan nilai p = 0,017. Karena nilai p kurang dari 0,05, maka hipotesis kerja dapat diterima sehingga diperoleh kesimpulan penelitian yang berbunyi : "ada perbedaan tingkat perilaku konsumtif antara remaja putra dan remaja putri"

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 110/07 Pur p
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri dan motivasi berprestasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Dwi Agustina Purwandini, 110210580UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCD. Ino Yuwono, Drs.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 03 Jun 2008 12:00
Last Modified: 16 Jul 2017 23:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26754
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item