HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT MANAJEMEN STRES PADA PEGAWAI PT. KERETA API (PERSERO) DAERAH OPERASI VIII SURABAYA

ELOK WIDI CITRA PRATIWI, 110310798 (2007) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT MANAJEMEN STRES PADA PEGAWAI PT. KERETA API (PERSERO) DAERAH OPERASI VIII SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-pratiwielo-7197-psi112_-k.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2008-pratiwielo-7273-psi112_-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab permasalahan apakah ada hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan tingkat manajemen stres pada pegawai PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VIII Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian adalah ex post facto field studies. Penelitian ini bertipe explanatory, karma bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel-variabel penelitian melalui uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai PT. Kereta Api (Persero) Daop VIII Surabaya yang bekerja di bagian operasi. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, yaitu memberikan hak yang sama kepada semua subjek untuk memperoleh kesempatan dipilih menjadi sampel. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dari jumlah populasi sebanyak 497 orang. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Tipe validitas alat ukur dalam penelitian ini adalah content validity, sedangkan reliabilitas alat ukur dengan menggunakan pendekatan konsistensi internal dengan tekhnik Alpha Cronbach. Dari hasil analisa uji korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 11.5 for Windows, diperoleh nilai rk-y= 0,561 dan p= 0.000. Koefesien korelasi (r) antara kecerdasan emosional dengan tingkat manajemen stres sebesar 0.561 dan p < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan tingkat manajemen stres pada pegawai PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VIII Surabaya, diterima. Artinya seseorang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi maka tingkat manajemen stresnya juga cenderung tinggi, sebaliknya orang dengan kecerdasan emosional yang rendah maka kecenderungan tingkat manajemen stresnya juga rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 112/07 Pra h
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, manajemen stres
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ELOK WIDI CITRA PRATIWI, 110310798UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSeger Handoyo, DrUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 11 Jun 2008 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 22:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26758
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item