PENGARUH INOVASI PRODUK, INOVASI PROSES DAN INOVASI PEMASARAN TERHADAP KINERJA OPERASI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH SONGKOK (Studi Pada Sentra Industri Songkok di Kabupaten Gresik)

VIVI RODLIYATUZ ZULFA, 041012118 (2015) PENGARUH INOVASI PRODUK, INOVASI PROSES DAN INOVASI PEMASARAN TERHADAP KINERJA OPERASI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH SONGKOK (Studi Pada Sentra Industri Songkok di Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-zulfavivir-37548-4.abst-k.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
VIVI RODLIYATUZ ZULFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh inovasi produk, inovasi proses dan inovasi pemasaran terhadap kinerja operasi UKM songkok di Kabupaten Gresik. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, yang terdiri dari 78 UKM songkok di Kabupaten Gresik. Dari 78 UKM hanya 76 UKM yang dijadikan sebagai objek penelitian, karena sebanyak 2 UKM tidak memenuhi syarat pengujian. Hipotesis diuji dengan regresi linier berganda menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari inovasi produk, inovasi proses dan inovasi pemasaran secara simultan terhadap kinerja operasi dan pengaruh yang signifikan antara inovasi produk dan inovasi proses secara parsial terhadap kinerja operasi. Hanya Inovasi pemesaran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja operasi pada UKM songkok di Kabupaten Gresik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi linier berganda secara simultan (uji-F) dimana F hitung (12,939) > F tabel (2,732) dan berdasarkan uji signifikan secara parsial (uji-t) dari variabel inovasi produk thitung (2,393) > ttabel (1,992), variabel inovasi proses menghasilkan thitung (2,762) > ttabel (1,992) dan variabel inovasi pemasaran menghasilkan thitung (0,084) > ttabel (1,992). Nilai R square (R2) sebesar 0,350 berarti 35% variabel kinerja operasi dapat dijelaskan oleh variabel inovasi produk, inovasi proses dan inovasi pemasaran. Sedangkan sisannya 65% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini seperti variabel strategi inovasi lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.196/15 Zul p
Uncontrolled Keywords: Small and Medium Enterprises; Product Innovation
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1010-1014 The merchant. Business enterprises
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
VIVI RODLIYATUZ ZULFA, 041012118UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHermawanto, Drs.,MBA.,M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 07 Jul 2015 12:00
Last Modified: 26 Aug 2016 07:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item