HUBUNGAN ANTARA SELFDISCLOSURE DENGAN TEKNIK COPINGSTRESS TIPE PROBLEM FOCUSED DAN EMOSIONAL FOCUSED PADA MASYARAKAT BLOK CEPU

MUKTAR HENDRA RAHMAWAN, 110310745 (2007) HUBUNGAN ANTARA SELFDISCLOSURE DENGAN TEKNIK COPINGSTRESS TIPE PROBLEM FOCUSED DAN EMOSIONAL FOCUSED PADA MASYARAKAT BLOK CEPU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2008-rahmawanmu-7276-psi83_07.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2008-rahmawanmu-7276-psi83_07.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Blok Cepu terkenal dengan cadangan minyak buminya yang melimpah. Penemuan cadangan minyak di Blok Cepu berpotensi menjadi sumber ekonomi yang luar biasa. Hal ini menimbulkan harapan baru bagi warga sekitar Blok Cepu untuk dapat mengubah kondisi hidup menjadi lebih baik. Masyarakat adalah pemilik lahan lokasi pengeboran, sehingga ingin turut menikmati manfaat yang diberikan oleh lahan miliknya. Disisi lain, masyarakat merasa bahwa perhatian yang diberikan oleh perusahaan pengelola pengeboran minyak tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, sehingga menimbulkan stres. Bukan hanya itu Baja, ancaman dampak lingkungan, dampak sosial, dan dampak negatif lain sebagai akibat dari proses pengeboran merupakan sumber stres bagi warga. Warga memerlukan sebuah mekanisme coping stress yang efektif untuk mengatasinya. Ada banyak hal yang mempengaruhi keputusan individu untuk menggunakan sebuah teknik coping stress tertentu, pada penelitian ini akan dibahas keterkaitannya dengan penggungkapan diri (self disclosure). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self disclosure dengan teknik coping stress pada masyarakat Blok Cepu. Penelitian ini memiliki satu variabel bebas yaitu self disclosure dan dua variabel terikat yang merupakan tipe dari teknik coping stress yaitu teknik coping stress tipe problem focused coping dan teknik coping stress tipe emosional focused coping. Subjek penelitian adalah warga masyarakat tiga desa di sekitar sumur minyak Banyu Urip I. Dari sejumlah 9.203 penduduk, terdapat sejumlah 1.187 yang memenuhi syarat sebagai populasi, dari jumlah tersebut di ambil 78 orang sebagai sampel penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala liken untuk ketiga variabel penelitian yang ada. Untuk menguji kualitas alat ukur digunakan uji validitas isi dengan judgement dari profesional dan uji reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach dengan nilai a variabel self disclosure adalah 0,866, teknik oping stress tipe problem focused adalah 0,838, dan teknik coping stress tipe emosional focused adalah 0,794. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS 12. Dari basil analisis data di ketahui bahwa ada hubungan antara self disclosure dan teknik coping stress tipe problem focus coping, dengan koefisien korelasi sebesar 0,715 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Demikian juga, ada hubungan antara self disclosure dengan teknik coping stress tipe emosional focused coping dengan koefisien korelasi sebesar 0,490, dan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 83/07 Rah h
Uncontrolled Keywords: SELFDISCLOSURE; TEKNIK COPINGSTRESS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
MUKTAR HENDRA RAHMAWAN, 110310745UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSamian, S.Psi.,M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 11 Jun 2008 12:00
Last Modified: 14 Jul 2017 00:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item