HUBUNGAN ANTARA TIME-MANAGEMENT DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA ANGKATAN 2003-2007 YANG BEKERJA

Zendi Naritha, 110310632 (2007) HUBUNGAN ANTARA TIME-MANAGEMENT DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA ANGKATAN 2003-2007 YANG BEKERJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-narithazen-7278-psi81_07.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2008-narithazen-7278-psi81_07.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara time-management dengan self-regulated learning pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga angkatan 2003-2007 yang bekerja. Menurut Zimmerman (1989) self-regulated learning merupakan segala kegiatan dan proses untuk mendapatkan informasi yang melibatkan tujuan dan instrumen persepsi dari siswa, disebutkan pula bahwa self-regulated learning adalah strategi yang efektif karena menuntut individu untuk aktif dalam proses belajarnya. Sedangkan time-management menurut Macan, dick. (1990) menyebutkan pengelolaan waktu sebagai pengelolaan diri dalam menggunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin dengan melakukan perencanaan, penjadwalan, mempunyai sikap kontrol atas waktu dan keinginan untuk terorganisir. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S 1 Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 64 orang, yang terdiri atas mahasiswa angkatan 2003 sebanyak 20 orang, 2004 sebanyak 20 orang, 2005 sebanyak 16 orang, 2006 dan 2007 masing-masing sebanyak 4 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner Time-Management Behavior Scale yang terdiri dari 50 item, dan kuesioner Self-Regulated Learning sebanyak 46 item. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Product Moment dari Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS for windows versi 12.0. Dari basil analisis data penelitian, diperoleh nilai korelasi antara time-management dengan self-regulated learning sebesar 0.726 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja pada penelitian ini diterima, yang artinya ada hubungan positif antara time-management dengan self-regulated learning pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga angkatan 2003-2007 yang bekerja. Dengan demikian berarti semakin tinggi time-management, maka semakin tinggi pula self-regulated learning yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 81/07 Nar h
Uncontrolled Keywords: Time-management, self-regulated learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Zendi Naritha, 110310632UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNono Heri Yoenanto, S.Psi.,M.PdUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 11 Jun 2008 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 23:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26763
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item