PEKERJA WANITA MIGRAN DALAM SEKTOR INFORMAL KOTA SURABAYA 1959-1974

DIAN UTAMI VITASARI, 120110297 (2006) PEKERJA WANITA MIGRAN DALAM SEKTOR INFORMAL KOTA SURABAYA 1959-1974. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-vitasaridi-1586-fssej2-k.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (full text)
vitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang sejarah sosial masalah perkotaan di Surabaya dalam hal ini tentang pekerja wanita migran di sektor informal selama masa Orde Lama sampai pada Repelita I, dalam kurun waktu 15 tahun (1959-1974). Permasalahan yang coba diangkat adalah pekerja wanita migran yang pergi ke Surabaya untuk mencari pekerjaan..Dalam dunia kerja yang ada di Surabaya persaingan kerja yang ketat terutama dalam pekerjaan formal membuat migran wanita yang berpendidikan rendah khususnya, kemudian memasuki sektor pekerjaan informal seperti, pedagang kecil, pembantu rumah tangga, dan pelacur. Penulisan skripsi ini dalam mengkaji persolan yang diangkat menggunakan metode penelitian sejarah. Pengkajian persolan tersebut dilakukan dengan menggunakan sumber primer seperti, arsip-arsip, data-data Statistik, serta laporan pemerintah. Sumber-sumber tersebut dilengkapi dengan koran-koran sejaman dan buku-buku yang relevan dengan topik kajian. Selain itu dilakukan pula wawancara dengan beberapa narasumber yang berkaitan erat dengan topik yang dikaji. Data yang ada selanjutnya di kumpulkan untuk dianalisis yang selanjutnya dapat dilakukan penulisan. Sebagai akibat kedatangan migran yang terus-menerus dengan alasan untuk memperbaiki keadaan ekonomi keluarga, para migran membuat kota Surabaya dipadati oleh mereka. Hal ini terlihat dengan banyaknya pemukiman-¬pemukiman liar terutama di daerah yang menjadi pusat pemerintahan atau dekat dengan fasilitas-fasilitas kota. Pekerjaan di sektor informal yang dimasuki oleh migran wanita menimbulkan masalah tersendiri bagi pemerintah kota Surabaya khususnya, pelacuran yang membawa dampak tersendiri terutama dalam hal kesehatan masyarakat yaitu penyebaran penyakit kelamin. Meskipun pekerjaan seperti pedagang kecil dan pembantu rumah tangga tidak mendapat kecaman namun pekerjaan tersebut masih dianggap rendah. Kedatangan migran ke Surabaya membuat suatu perubahan baik bagi migran sendiri maupun bagi masyarakat kota Surabaya baik secara positif maupun secara negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS Sej 21/06 Vit p
Uncontrolled Keywords: WOMEN EMPLOYEES; MIGRANT LABOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAN UTAMI VITASARI, 120110297UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLa Ode Rabani, S.S.M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 Aug 2006 12:00
Last Modified: 16 Jul 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item