PT. SEMEN GRESIK : Terbentuknya Komunitas Semen Gresik 1957 - 1972

DYNI NORVAYANTI, 120210357 (2007) PT. SEMEN GRESIK : Terbentuknya Komunitas Semen Gresik 1957 - 1972. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-norvayanti-4268-fssej0-k.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2007-norvayanti-4268-fssej0-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang interaksi antara masyarakat Industri Semen Gresik dengan masyarakat tradisional yang berada di sekitar kawasan pabrik Semen Gresik tahun 1957 sampai dengan tahun 1972. Pembangunan yang berkembang dengan pesat mengakibatkan permintaan terhadap semen semakin meningkat. Pabrik semen satu-satunya di Indonesia, Pabrik Semen Indarung tidak mampu memenuhi permintaan pasar. Pemerintah memutuskan untuk membangun pabrik semen yang bare di Gresik. Pembangunan Semen Gresik memicu komunitas baru di tengah masyarakat tradisional Gresik. Masyarakat tradisional yang dimaksud adalah masyarakat yang telah menetap sebelum hadirnya sebuah industrialisasi, yaitu masyarakat Sidomoro dan sekitarnya, sedangkan komunitas baru adalah masyarakat pendatang yang hadir bersamaan dengan munculnya industrialisasi, masyarakat industri yang dimaksud adalah komunitas Semen Gresik. Berdasarkan uraian-uraian di atas, penelusuran sejarah mengenai munculnya komunitas Semen Gresik cukup menarik untuk dikaji. Permasalahan yang terungkap dari tulisan ini adalah bagaimana proses penyesuaian komunitas Semen Gresik dengan masyarakat setempat, meskipun kedua komunitas tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian sejarah yang meliputi pemilihan topik, pengumpulan sumber, melakukan kritik intern dan kritik ekstern, melakukan interpretasi, dan penulisan. Penelitian ini mengambil data dan keterangan dari sebuah kasus yang terjadi di Gresik. Pembahasan penelitian didasarkan pada data-data statistik yang diperkuat dengan wawancara narasumber–narasumber yang berkaitan dengan kajian yang diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komunitas Semen Gresik yang merupakan masyarakat pendatang bisa menyesuaikan diri dan melakukan interaksi dengan baik serta dapat menciptakan hubungan yang harmonis dengan mayarakat setempat. Hubungan yang harmonis ini bisa menjembatani perbedaan antara Komunitas Semen Gresik dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS Sej 02/07 Nor p
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIES - HISTORY; INDUSTRIES - SOCIAL ASPECTS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DYNI NORVAYANTI, 120210357UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPurnawan Basundoro, SS., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 12 Apr 2007 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26933
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item