KERETA API DI MADURA TAHUN 1896 � 1929

M. MASYKUR ISMAIL, 120110341 (2007) KERETA API DI MADURA TAHUN 1896 � 1929. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-ismailmmas-4269-fssej0-k.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2007-ismailmmas-4269-fssej0-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Madura dikenal sebagai pulau yang miskin dan terbelakang dibandingkan dengan pulau Jawa yang makmur dan subur. Semua orang akan percaya jika di Jawa pernah beroperasi kereta api untuk mengangkut hasil perkebunannya, tetapi tidak semua orang akan percaya jika dikatakan bahwa di Madura pernah beroperasi kereta api. Padahal, bukti yang menjelaskan adanya kereta api di Madura sangat banyak, bahkan sisa-sisa kereta api di Madura masih bisa ditemui hingga sekarang. Tulisan ini akan berusaha membuktikan keberadaan kereta api di Madura, beserta latar belakang pengoperasiannya hingga dampak pengoperasian kereta api tersebut terhadap masyarakat Madura_ Penulis menggunakan Metode Ilmu Sejarah untuk mengungkap keberadaan kereta api di Madura. Oleh karena itu, tulisan ini banyak diperkaya oleh sumber-sumber arsip dan publikasi resmi dari perusahaan swasta yang mengoperasikan kereta api di Madura, yaitu Madoera Stoomtram Maatschappij. Untuk melengkapi informasi tentang kereta api di Madura, penulis juga melakukan wawancara dengan beberapa informan yang terkait dengan kereta api di Madura. Di samping itu, penulis juga merujuk beberapa buku yang berkaitan dengan kereta api secara umum maupun buku yang khusus mengulas kereta api di Madura. Pengoperasian kereta api di Madura tidak dapat dipisahkan dengan kesuksesan pengoperasiannya di Jawa. Jika pengoperasian kereta api di Java karena didorong oleh melimpahnya hasil-hasil perkebunan, maka di Madura terdapat potensi ekonomi yang lain, berupa produsen garam yang begitu melimpah. Di samping itu, kebiasaan migrasi masyarakat Madura menjadi faktor yang penting pula dalam pengoperasian kereta api di Madura. Sarana dan prasarana yang begitu lengkap dan terawat telah disediakan untuk mendukung usahanya tersebut. Bahkan MSM mampu mengoperasikan sebanyak 33 lokokomotif dan 300 gerbong lebih pada jalur rel sepanjang 233 KM itu. Di samping itu, untuk mendukung usahanya tersebut MSM telah mempekerjakan banyak pegawai, baik pegawai Eropa maupun pribumi. Singkatnya, transportasi kereta api di Madura pada waktu itu dikelola dan di-manage dengan baik. Tidak heran jika kemudian kereta api di Madura menjadi alat transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat Madura menggantikan alat trasnsportasi tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS Sej 03/ 07 Ism k
Uncontrolled Keywords: INDONESIA - HISTORY; MADURA ISLAND (INDONESIA)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
M. MASYKUR ISMAIL, 120110341UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuryadi, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 12 Apr 2007 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26934
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item