PEMAKAIAN BAHASA DALAM FILM KARTUN ANAK DORA THE EXPLORER: Analisis Diksi

EKO FERIANTO, 120210431 (2007) PEMAKAIAN BAHASA DALAM FILM KARTUN ANAK DORA THE EXPLORER: Analisis Diksi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-feriantoek-5649-fsbi16-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2007-feriantoek-5649-fsbi16-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Film kartun anak Dora the Explorer merupakan film edukasi yang dikhususkan untuk anak-anak. Karena segmen film ini adalah anak-anak, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa yang sangat sederhana. Tujuan pemakaian bahasa yang tergolong sederhana supaya anak-anak lebih mudah mencerna informasi yang disampaikan oleh Dora. Dari film ini bisa dilihat bagaimanakah diksi dalam film Dora the Explorer. Apakah bahasa dan diksi yang digunakan dalam film ini sudah sesuai untuk anak-anak yang mayoritas para audiennya adalah anak-anak umur 3-5 tahun. Penelitian ini dibatasi pada diksi bahasa Indonesia yang ada dalam film Dora the Explorer. Bagaimana seorang anak bisa mengerti dan memahami diksi yang didengarkan secara langsung. Mampukah seorang anak menangkap dan memahami kata-kata kompleks yang didengarnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori diksi, teori makna kata, serta teori pemerolehan bahasa anak. Teori-teori yang digunakan saling mendukung dan berkaitan antara satu dengan yang lain. Untuk mengetahui pemahaman seorang anak terhadap suatu kata diperlukan teori pemerolehan bahasa anak. Sedangkan untuk menganalisis suatu kata diperlukan teori makna untuk mengetahui arti yang terkandung di dalamnya. Dari hal itu dapat diketahui apakah seorang anak bisa memahami suatu kata yang mereka dengarkan dan dapatkan dari film Dora the Explorer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena dianggap bisa rnemberikan gambaran yang lebih cermat mengenai objek yang menjadi penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian ini digunakan metode simak sedangkan teknik yang dipergunakan adalah teknik catat. Setelah semua data terkumpul maka akan dilakukan klasifikasi terhadap data-data itu. Kata-kata itu dideskripsikan berdasarkan makna yang terkandung di dalam kata yang digunakan di film dora. Penelitian ini akan menghasilkan suatu deskripsi kata (diksi) yang terdapat dalam film Dora the Explorer serta bagaimana anak-anak yang menyaksikan film itu memahami kata yang mereka peroleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 16/07 Fer p
Uncontrolled Keywords: CHILDREN, LANGUAGE; CARICATURES AND CARTOONS
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
EKO FERIANTO, 120210431UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Wayan Sartini, Dra. M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Dec 2007 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item