TRANSFORMASI BUDAYA YANG DIALAMI TOKOH DALAM NOVEL SINTREN KARYA DIANING WIDYA YUDHISTIRA

ALIFIANI, 120410714 (2009) TRANSFORMASI BUDAYA YANG DIALAMI TOKOH DALAM NOVEL SINTREN KARYA DIANING WIDYA YUDHISTIRA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-alifiani-13632-fsbi05-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-alifiani-16238-fsbi05-k.pdf

Download (540kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi budaya Jawa yang terjadi dalam novel Sintren, mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya transformasi budaya dalam novel Sintren, dan mendeskripsikan penyelesaian terhadap timbulnya transformasi budaya dalam novel Sintren. Subjek penelitian ini adalah novel Sintren karya Dianing Widya Yudhistira. Penelitian ini difokuskan pada masalah transformasi budaya yang terjadi dalam novel Sintren, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya transformasi budaya dalam novel Sintren dan penyelesaian timbulnya transformasi dalam novel Sintren. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, simak, dan pencatatan. Analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif analitis, yaitu menguraikan data-data dan mendeskripsikan unsur-unsur latar dan penokohan, serta adanya transformasi budaya dalam teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua macam transformasi yang diceritakan dalam novel Sintren, yaitu transformasi cara berpikir dan transformasi pergaulan hidup. Dalam transformasi cara berpikir diuraikan tentang Saraswati dan Kirman untuk berani berpikir dan bertindak dalam menentukan pilihan hidupnya sendiri. Dalam transformasi pergaulan hidup diceritakan tentang perubahan-perubahan pergaulan yang dialami tokoh dalam novel Sintren, yaitu Saraswati. Dalam menghadapi semua transformasi budaya yang terjadi tersebut, penyelesaiannya adalah transformasi tidak harus ditentang, tetapi disikapi dengan baik dan pikiran jernih sehingga transformasi tersebut tidak akan mematikan potensi yang dimiliki, tetapi justru dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 05 / 10 Ali t
Uncontrolled Keywords: CHARACTERS AND CHARACTERISTIC IN LITERATURE
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
ALIFIANI, 120410714UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorListiyono Santoso, S.S.M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 15 Mar 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 07:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26962
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item