PEMAKAIAN BAHASA DALAM NOVEL AYAT�AYAT CINTA. Kajian Diksi dan Gaya Bahasa

ERLISA EKA JAYANTI, 120510840 (2009) PEMAKAIAN BAHASA DALAM NOVEL AYAT�AYAT CINTA. Kajian Diksi dan Gaya Bahasa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-jayantierl-16259-fsbi08-k.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-jayantierl-13643-fsbi08-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Novel Ayat-Ayat Cinta merupakan novel laris, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa yang mudah dimengerti oleh para pembaca. Novel ini termasuk novel islami karena novel Ayat-Ayat Cinta adalah novel sastra yang berhasil memadukan dakwah, tema cinta dan latar belakang budaya suatu bangsa. Ayat-Ayat Cinta memberikan gambaran kehidupan bagi para pembaca yang selalu ingin dicapai oleh hamba Allah untuk menuju kehidupan yang tentram dan bijak, walaupun banyak sekali cobaan yang melanda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemakaian bahasa dalam novel Ayat-Ayat Cinta, terutama mengenai tentang diksi dan gaya bahasa yang terdapat dalam novel Ayat-Ayat Cinta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori diksi, dan teori makna kata. Teori-teori yang digunakan saling mendukung dan berkaitan antara satu dengan yang lain. untuk menganalisis suatu kata diperlukan teori makna untuk mengetahui arti yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena dianggap bisa memberikan gambaran yang lebih cermat mengenai objek yang menjadi penelitian. Teknik yang digunakan adalah teknik catat. Setelah semua data terkumpul maka akan dilakukan klasifikasi terhadap data-data tersebut. Kata-kata yang terkumpul dideskripsikan berdasarkan makna yang terkandung di dalam kata yang digunakan dalam novel Ayat-Ayat Cinta. Penelitian ini menghasilkan suatu deskripsi kata (diksi) yang terdapat dalam novel Ayat-Ayat Cinta dan gaya bahasa kiasan. Pertama, adalah diksi dalam bahasa Jawa, bahasa Arab, dan bahasa Jerman. Kedua, adalah adanya gaya bahasa dalam novel Ayat-Ayat Cinta. Ketiga, adalah peneliti menemukan pepatah dan istilah-istilah dalam bahasa Arab serta pepatah dalam bahasa Jawa. Temuan analisis adalah hasil analisis data yang telah dikalsifikasi berdasarkan bahasa dan pilihan kata serta gaya bahasanya. Selain itu, peneliti juga menemukan peribahasa dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa. Kesimpulan penelitian ini, ditemukan pemakaian diksi dalam bahasa Jawa, bahasa Arab, dan bahasa Jerman yang digunakan dalam novel Ayat-Ayat Cinta. Selain itu, gaya bahasa yang digunakan dalam novel Ayat-Ayat Cinta terdapat 4 macam gaya bahasa dari 16 macam gaya bahasa yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 08 / 10 Jay p
Uncontrolled Keywords: FICTION - SOCIAL ASPECTS; GRAMMAR LITERATURE
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
ERLISA EKA JAYANTI, 120510840UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLuita Aribowo, S.S., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 15 Mar 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26964
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item