REFLEKSI ETOS KERJA TOKOH OEY SE DAN TOKOH LIE YOE HOK DALAM CERITA OEY SE DAN DUWA CENT JADI KAYA KARYA THIO TJIN BOEN

FIFIN YULIANI, 120510954 (2010) REFLEKSI ETOS KERJA TOKOH OEY SE DAN TOKOH LIE YOE HOK DALAM CERITA OEY SE DAN DUWA CENT JADI KAYA KARYA THIO TJIN BOEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-yulianifif-16511-fsbi34-k.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-yulianifif-13878-fsbi34-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul “Refleksi Etos Kerja Tokoh Oey Se dan Tokoh Lie Yoe Hok dalam Cerita Oey Se dan Dengen Duwa Cent Jadi Kaya karya Thio Tjien Boen”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap hidup keseharian tokoh Oey Se dan tokoh Lie Yoe Hok, mengetahui refleksi etos kerja tokoh Oey Se dan tokoh Lie Yoe Hoek dalam cerita Oey Se dan Dengen Duwa Cent Jadi Kaya. Alasan penelitian ini mengambil kedua cerita tersebut adalah : pertama, karya Oey Se dapat menjadi refleksi dari kehidupan orang Tionghoa totok. Kedua, cerita DDCJK dapat merefleksikan kehidupan orang Tionghoa peranakan. Ketiga, dua karya tersebut karya Thio Tjin Boen, yang sebagai pengarang kedua cerita ini ia mengkritisi masalah sosial budaya, politik, ekonomi dan religiusitas Tionghoa. Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra, bersama dengan pendekatan Marxisme memberi refleksi nyata atas kapitalis feodal dan pembagian kelas yang semuanya mengarah pada ekonomi, sehingga dapat diketahui etos kerja kedua tokoh. Etos kerja merupakan acuan pelaksanaan kerja yang dilakukan oleh sekelompok orang yang diwujudkan dalam perilaku kerja mereka sehingga muncul lima etos kerja. Kedua cerita ini merupakan karya sastra sosial berdasarkan dari fakta-fakta sejarah sosial sebagai pendukungnya yang merujuk pada Historical truth. Segala aktivitas kedua tokoh peristiwa di dalam teks merujuk pada kehidupan sehari-hari yang diambil dari etos kerja mereka dalam karya Oey Se dan Dengen Duwa Cent Jadi Kaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menekankan pada wilayah analisis isi (content analysis). Artinya, penelitian ini menitik beratkan pada objektivitas dan realitas, kemudian melakukan klasifikasi pada teks agar dapat mengetahui sosio budaya yang merefleksikan kehidupan Tionghoa melalui metode dan teori yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 34/ 10 Yul r
Uncontrolled Keywords: FICTION; ETHNIS TIONGHOA
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FIFIN YULIANI, 120510954UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAdi Setijowati, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 03:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26982
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item