REPRESENTASI KESANTUNAN DALAM IKLAN CITRA BODY LOTION (SEBUAH ANALISIS SEMIOTIK)

HERMIN SUSILOWATI, 120610080 (2010) REPRESENTASI KESANTUNAN DALAM IKLAN CITRA BODY LOTION (SEBUAH ANALISIS SEMIOTIK). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-susilowati-16525-fsbi36-k.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-susilowati-13886-fsbi36-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Representasi Kesantunan dalam Iklan Citra Body Lotion memiliki latar belakang fenomena kebahasaan verbal dan nonverbal yang muncul dalam iklan Citra Body Lotion. Representasi kesantunan akan membawa nilai dan batasan kesantunan sehingga dapat diketahui kesantunan model atau figure dalam iklan ketika menyampaikan pesan dari produk yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik Peirce. Analisis semiotik ini fokus pada tanda sebagai objek analisis, menginterpretasi dan memaknai tanda dalam iklan tersebut. Adapun seri iklan Citra Body lotion di televisi yang dijadikan objek penelitian adalah iklan Citra Body lotion seri undangan, iklan Citra Body lotion seri pesta penulis, iklan Citra Body lotion seri wisata. Pengklasifikasian dilakukan berdasarkan tanda verbal dan nonverbal. Tanda verbal akan melihat bagaimana tuturan dari Vo atau suara dalam iklan, baik suara oleh narator maupun model. Analisis verbal juga dilihat dari slogan atau tulisan dalam super imposed iklan. Tanda nonverbal melihat bagaimana isyarat gerak yang muncul dalam iklan, baik itu secara kinesik maupun proksemika. Representasi yang ada dalam iklan Citra Body Lotion adalah dalam bentuk konstruksionis serta reflektif, yang akhirnya dua bentuk tersebut membuat nilai kesantunan yang utuh. Kesantunan yang ada dalam iklan Citra Body Lotion adalah kesantunan yang bernilai kurang santun karena terjadi beberapa pelanggaran dalam pemenuhan batasan santun menurut konsep santun Leech.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 36/ 10 Sus r
Uncontrolled Keywords: BEAUTY, PERSONAL ; ADVERTISING - TELEVISIONS PROGRAMS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
HERMIN SUSILOWATI, 120610080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 03:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item