TINDAK TUTUR ILOKUSI PEREMPUAN DALAM WACANA PERSUASI PADA IKLAN PENGHARUM TUBUH LAKI-LAKI

MARSHA JOSHARETA, 120610067 (2010) TINDAK TUTUR ILOKUSI PEREMPUAN DALAM WACANA PERSUASI PADA IKLAN PENGHARUM TUBUH LAKI-LAKI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-josharetam-ABSTRAK.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-josharetam-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Tindak Tutur Ilokusi Perempuan dalam Wacana Persuasi pada Iklan Pengharum Tubuh Laki-Laki” bertujuan mendeskripsikan tindak tutur ilokusi perempuan dan wacana persuasi dalam iklan pengharum tubuh laki-laki. Perempuan yang dimaksudkan adalah model perempuan serta narator perempuan dalam iklan tersebut. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Axe effect seri Berfoto di pantai, Axe effect seri Permen rasa ayam, Axe Price reduction commercial, Master Cologne seri Judo, Casablanca Body spray. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian semata-mata hanya berdasarkan fakta yang ada atau menggambarkan tindak tutur ilokusi perempuan dan wacana persuasi dalam iklan pengharum tubuh laki-laki. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data, pemakaian metode simak, dan teknik catat. Pengklasifikasian tindak tutur dilakukan berdasarkan tindak tutur verbal dan wacana persuasi. Tindak tutur verbal akan melihat bagaimana tuturan dari Vo atau suara dalam iklan, baik suara oleh narator maupun model. Analisis verbal juga dilihat dari slogan atau tulisan dalam super imposed iklan, sedangkan pengklasifikasian wacana persuasi dilakukan selain dari data verbal juga dari data sound effect dan visual effect. Simpulan dari penelitian ini bahwa iklan Axe effect seri Berfoto di pantai, Axe effect seri Permen rasa ayam, Axe Price reduction commercial, Master Cologne seri Judo, Casablanca Body spray memiliki fungsi komunikatif yang terdiri dari fungsi asertif, direktif, ekspresif, dan komisif, sedangkan fungsi komunikatif deklarasi tidak terdapat pada kelima iklan tersebut. Tidak semua fungsi komunikatif tersebut ada di setiap iklan. Pada iklan Axe effect seri Berfoto di pantai, Axe effect seri Permen rasa ayam, dan Axe Price reduction commercial tindak memengaruhi lebih banyak terlihat pada sikap figur perempuan daripada tuturan yang diucapkan figur perempuan, sedangkan pada iklan Master Cologne seri Judo, dan Casablanca Body Spray memengaruhi dengan tuturan figur perempuan maupun narator perempuan serta sikap figur perempuan. Kelima iklan tersebut didukung juga dengan adanya super imposed, visual effect, dan sound effect. Penciptaan daya persuasi yang kuat dari setiap unsur pembangun pada iklan akan menimbulkan effect yang baik seperti yang diinginkan oleh pembuat iklan yaitu tertariknya para konsumen yang tujuan akhirnya dapat menggerakkan mereka agar membeli produk yang ditawarkan pada iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 58/ 10 Jos t
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
MARSHA JOSHARETA, 120610067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoch. Jalal, S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Mar 2011 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27008
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item