PERIKLANAN DAN WANITA DALAM IKLAN SURAT KABAR SURABAYA POST (1953 - 1965)

YUSUF HANANI, 120210444 (2008) PERIKLANAN DAN WANITA DALAM IKLAN SURAT KABAR SURABAYA POST (1953 - 1965). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PERIKLANAN DAN WANITA DALAM IKLAN SURAT KABAR SURABAYA POST (1953 – 1965) - gdlhub-gdl-s1-2009-hananiyusu-9900-fssej0-9.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (full text)
gdlhub-gdl-s1-2009-hananiyusu-9900-fssej0-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tulisan skripsi ini berbicara tentang wanita dalam iklan surat kabar yang ada di Surabaya khususnya surat kabar Surabaya Post tahun 1953 – 1965. Permasalahan yang dikemukakan adalah bagaimana jenis dan tampilan visual iklan dan representasi wanita yang ada di surat kabar Surabaya Post tahun 1953-1965. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian sejarah. Penulisan ini dilakukan dengan menggunakan sumber primer berupa data iklan yang ada di surat kabar Surabaya Post tahun 1953 – 1965. Selain sumber primer, penelitian ini juga didukung oleh sumber skunder berupa buku, majalah dan jurnal yang relevan dengan topik. Melalui penelitian ini, dapat digambarkan bahwa fungsi iklan tidak hanya sebagai penyebar informasi terhadap keberadaan suatu produk. Iklan juga mempunyai fungsi yang lain yakni sebagai alat representasi atas realita yang terjadi. Iklan surat kabar Surabaya Post tahun 1953 – 1965 juga turut merepresentasikan wanita. Wanita dalam iklan surat kabar Surabaya Post direpresentasikan sebagai sosok yang mempunyai berbagai karakter yang khas. Pada satu sisi, wanita direpresentasikan sebagai sosok yang takut akan terlihat tua, minder. Di sisi lain, wanita direpresentasikan sebagai sosok yang sering terlihat aktif di lingkungan domestik namun juga dapat bekerja di lingkungan publik. Selama periode tahun 1953-1965, tampilan visual wanita dalam iklan turut mengalami perubahan. Paruh pertama tahun 1950-an, tampilan visual wanita dalam iklan menggambarkan wanita sebagai sosok yang terbuka, mudah bergaul, dinamis. Pada tahun-tahun setelah itu, tampilan visual wanita dalam iklan menggambarkan wanita sebagai sosok yang dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS Sej 06 / 09 Han p
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN MASS MEDIA-HISTORY-1953-1965
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
YUSUF HANANI, 120210444UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLa Ode Rabani, S.S.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 13 Jul 2009 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 20:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item