POTRET KAUM URBAN DALAM NASKAH DRAMA BOM WAKTU KARYA N. RIANTIARNO

Fitri Dwi K., 120710053 (2012) POTRET KAUM URBAN DALAM NASKAH DRAMA BOM WAKTU KARYA N. RIANTIARNO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “ “Potret” Kaum Urban dalam Naskah Drama Bom Waktu Karya N. Riantiarno”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret kaum urban dalam naskah melalui unsur-unsur struktur dan mengkontekstualisasikan permasalahan yang terpotret dalam naskah dengan keadaan sosial kota Jakarta tahun 1980-an. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang disajikan secara deskriptif analitis, yaitu menguraikan data-data dan mendeskripsikan unsur-unsur di dalam naskah yang mengandung potret kaum urban serta permasalahannya untuk dianalisis sehingga diperoleh suatu pemahaman yang lebih komprehensif. Langkah pertama yang digunakan dalam penelitian ini adalah menjelaskan potret kaum urban dalam naskah yang didapatkan dari unsur-unsur stuktur yang dominan pada naskah. Setelah itu, hasil dari potret tersebut akan dikontekstualisasikan dengan keadaan sosial kota Jakarta pada tahun 1980-an. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa naskah drama Bom Waktu merupakan representasi dari keadaan sosial kaum urban Jakarta tahun 1980-an. Kaum urban yang tidak memiliki keterampilan dan hidup di kolong jembatan yang terdapat dalam naskah drama merupakan perwakilan dari kaum urban Jakarta pada tahun 1980-an, kaum urban tersebut mengahadapi permasalahan kemiskinan, penggusuran, dan juga korban dari penyalahgunaan penguasa. Keadaan tersebut selaras dengan keadaan sosial Jakarta pada tahun 1980-an yang mengalami peningkatan urbanisasi yang menyebabkan kaum urban mengalami kemiskinan. Demikian pula dengan pembangunan Jakarta pada tahun tersebut guna menyukseskan programRepelita III sehingga terjadi penggusuran di sekitar kota Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.02 12 Fit p
Uncontrolled Keywords: DRAMA
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Fitri Dwi K., 120710053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorI. B. Putera Manuaba,, Dr. Drs. M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 04:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item