KITAB FIQIH SUNTINGAN TEKS DISERTAI ANALISIS PRAGMATIK

AQUA RAMADHAN ISLAMI, 120610040 (2012) KITAB FIQIH SUNTINGAN TEKS DISERTAI ANALISIS PRAGMATIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (full text)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Naskah Kitab Fiqih (KF) adalah karya sastra lama berbentuk prosa yang memuat ajaran fiqih Islam tentang rukun Islam, rukun iman, tanda-tanda baligh, thaharah, shalat, jenazah, hukum meminta tolong, zakat dan puasa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah suntingan teks dalam wujud teks yang baik dengan membersihkan teks dari beberapa kesalahan salin dan tulis serta mengungkapkan struktur teks dan memahami ajaran didaktis yang termuat dalam KF. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian naskah dan metode penyuntingan teks. Metode penelitian naskah mencakup penentuan naskah dasar dan deskripsi naskah. Metode suntingan teks berupa suntingan teks KF dalam bentuk yang baik disertai aparat kritik tanpa mengubah kekhasan dan keorisinilannya. Dalam proses kritik teks tidak menutup kemungkinan terdapat kesalahankesalahan salin dan tulis teks KF. Kritik teks terhadap KF menghasilkan berupa lakuna sebanyak 29 buah, adisi sebanyak 11 buah, ditografi sebanyak 4 buah, subtitusi sebanyak 10 buah dan transposisi sebanyak 1 buah. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan. Pertama, suntingan teks telah tersedia dalam wujud teks yang baik. Kedua, intisari bahasan KF adalah pokok-pokok ajaran Islam yang mengarah pada kesempurnaan ibadah bagi seorang muslim. Ketiga, pendekatan pragmatik terhadap KF menghasilkan pemahaman mengenai ajaran didaktis yang diuraikan secara luagas di dalam KF, yaitu yang termuat dalam pembahasan rukun Islam, rukun iman, tanda-tanda baligh, thaharah, shalat, jenazah, hukum meminta tolong, zakat dan puasa. Keempat, ajaran didaktis yang termuat dalam KF bersumber dari Al-Qur’an dan hadits Nabi sehingga teks KF dapat dijadikan sebagai pedoman beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.03 12 Isl k
Uncontrolled Keywords: PRAGMATICS
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
AQUA RAMADHAN ISLAMI, 120610040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutji Hartiningsih,, Dra. M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 17:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item