NILAI KEPEREMPUANAN TOKOH SINTA DALAM NOVEL ANAK BAJANG MENGGIRING ANGIN KARYA SINDHUNATA

MADE LAKSTRI ATIKANINGSTYAS, 120610110 (2012) NILAI KEPEREMPUANAN TOKOH SINTA DALAM NOVEL ANAK BAJANG MENGGIRING ANGIN KARYA SINDHUNATA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian yang diangkat dari novel Anak Bajang Menggiring Angin Karya Sindhunata adalah nilai keperempuanan pada tokoh Sinta. Dengan adanya daya tarik yang khas dalam novel ini, mendorong peneliti untuk menelaah novel Anak Bajang Menggiring Angin tersebut dalam penelitian yang berjudul “Nilai Keperempuanan Tokoh Sinta dalam Novel Anak Bajang Menggiring Angin Karya Sindhunata”. Penelitian ini memanfaatkan teori pendekatan sosiologi sastra Talcott Parsons mengenai teori sistem untuk nilai keperempuanan tokoh Sinta sebagai bagian dari sistem yang diterapkan dalam masyarakat pada novel tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa tokoh Sinta nilai keperempuanan yang menonjol yaitu kesetiaan, romantisme, pendiam dan nilai keperempuanan lainnya seperti welas asih, bijaksana, ceroboh dan menyukai keindahan. Setelah nilai keperempuanan direlevansikan dengan kenyataan pada dunia realitas Sinta tidak lagi dijadikan sebagai acuan dalam menerapkan nilai keperempuanan. Kebermaknaan teks yang dimunculkan yaitu berusaha menggunakan novel Anak Bajang Menggiring Angin karya Sindhunata sebagai kontrol sosial untuk sistem masyarakat mengenai bagaimana perempuan harus menerapkan nilai keperempuanan layaknya tokoh Sinta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.05 12 Ati n
Uncontrolled Keywords: NOVEL
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
MADE LAKSTRI ATIKANINGSTYAS, 120610110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPuji Karyanto,, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27069
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item