NILAI-NILAI FEMINITAS DALAM NOVEL KERUDUNG MERAH KIRMIZI REMY SYLADO

RISMAWATI SIREGAR SORMIN, 120710007 (2012) NILAI-NILAI FEMINITAS DALAM NOVEL KERUDUNG MERAH KIRMIZI REMY SYLADO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis secara kritis tentang identifikasi nilai feminitas dalam novel Kerudung Merah Kirmizi. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sebuah gagasan pemikiran yang bertumpu pada bidang Feminisme. Kerudung Merah Kirmizi sendiri merupakan sebuah novel yang menceritakan tentang perjuangan seorang perempuan. Dalam menganalisis nilai feminitas dalam novel Kerudung Merah Kirmizi fokus analisis dilakukan terhadap dua tokoh perempuan yaitu Myrna dan Dela. sehingga terlihat perbandingan keperempuanan seorang yang berpandangan feminis dan seorang yang tidak berpandangan feminis. Asumsi dasar dipilih novel Kerudung Merah Kirmizi karya Remy Sylado sebagai objek penelitian adalah selain karya ini pernah menjadi karya sastra yang mendapatkan penghargaan sastra khatulistiwa 2001-2002 dalam novel ini membahas tentang kemelut perempuan yang kompleks, antara perempuan yang seorang feminis, dan perempuan yang tidak memiliki pengertian mendasar tentang feminis, tapi merefleksikan feminis dengan menjaga nilai feminitas keperempuannya. Hasil penelitian ditemukan bahwa dalam batas-batas tertentu feminisme tidak mampu menghadirkan sebuah kenyamanan yang dicari oleh seorang perempuan, feminisme disatu sisi menghadirkan sebuah penghargaan dan “kacamata” baru bagi perempuan untuk melihat, menilai, menghargai,dan mengembangkan eksistensi dirinya sebagai seorang makhluk ciptaan TUHAN. Tapi disisi lain, feminisme yang berlebihan dan yang menjadi “pegangan” perempuan untuk melangkahi kodratnya sebagai seorang perempuan,adalah feminisme yang justru menjerumuskan perempuan ke dalam ketidak bahagiaan yang ingin dihindari oleh perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.08 12 Sor n
Uncontrolled Keywords: NOVEL
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
RISMAWATI SIREGAR SORMIN, 120710007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorListiyono Santoso,, M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 08:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item