SERAT CARETA KHABAR QIYAMAT: SUNTINGAN TEKS DISERTAI ANALISIS RELIGI

VIAN ANDHANA RATIH, 120710188 (2012) SERAT CARETA KHABAR QIYAMAT: SUNTINGAN TEKS DISERTAI ANALISIS RELIGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Naskah Serat Careta Khabar Qiyamat (SCKQ) sebagai obyek dari penelitian ini adalah salah satu naskah koleksi museum Mpu Tantular yang teksnya menggunakan aksara Arab dan berbahasa Jawa yang biasa disebut pegon. Penelitian ini menggunakan dua metode penelitian, yaitu metode penelitian filologi dan analisis religi teks. Metode penelitian filologi berkaitan dengan Naskah Serat Careta Khabar Qiyamat (SCKQ) sebagai obyek dari penelitian ini adalah salah satu naskah koleksi museum Mpu Tantular yang teksnya menggunakan aksara Arab dan berbahasa Jawa yang biasa disebut pegon. Penelitian ini menggunakan dua metode penelitian, yaitu metode penelitian filologi dan analisis religi teks. Metode penelitian filologi berkaitan dengan metode penelitian naskah dan metode suntingan teks. Metode suntingan teks yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode suntingan teks edisi standar atau edisi kritik yang diterapkan pada naskah tunggal, yaitu menerbitkan naskah dengan membetulkan kesalahan-kesalahan kecil dan ketidakajegan, sedangkan ejaannya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Analisis religi teks SCKQ menggunakan konsep hermeneutika Gadamer yang menyatakan bahwa bildung sebagai sebagai ilmu kemanusiaan tidak dapat dianalisis dengan suatu metode, tetapi melalui proses dialektika dan interpretasi. Penelitian teks SCKQ ini mempunyai tujuan khusus, yaitu pertama menghasilkan suntingan teks yang bersih dari kesalahan salin tulis dan dapat dipertanggungjawabkan serta dapat dipakai sebagai sumber berbagai penelitian lain. Kedua, menganalisis kandungan yang tersirat dalam teks SCKQ sehingga diketahui makna-makna religi perihal peristiwa hari kiamat. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran sejarah kebudayaan lokal pada masa lampau saat proses penyalinan atau penulisan naskah SCKQ ini yang diharapkan mampu memperluas pengetahuan dan cakrawala pandang kita terhadap kebesaran budaya nusantara masa lampau. Interpretasi atas teks SCKQ dapat dismpulkan bahwa adanya kandungan makna yang tersirat tentang keyakinan dan kenyataan akan dahsyatnya peristiwa hari kiamat yang diulas melalui penceritaan deskriptif dimaksud sebagai cermin keimanan, renungan dan pengingat umat muslim agar senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Interpretasi pengarang atau penyalin atas teks SCKQ yang ditulis atau salin dengan bahasa Jawa-kitabi dialek Madura memberi simpulan bahwa hal tersebut mampu menjadi media adaptasi terhadap tradisi lokal setempat sebagai pencipta perasaan psikologis sense of belonging yang menjadi awal ketertarikan terhadap teks sebagai rujukan memahami rukun iman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.10 12 Rat s
Uncontrolled Keywords: ANALYSIS OF RELIGIOUS
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
VIAN ANDHANA RATIH, 120710188UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrisna Kumala Satya Dewi,, Dr. M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 00:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item