PANDANGAN PENCERITA TERHADAP INCEST DALAM NOVEL KEMBAR KEEMPAT KARYA SEKAR AYU ASMARA

NIA DYANA IKA PERSNAWATI, 120710041 (2012) PANDANGAN PENCERITA TERHADAP INCEST DALAM NOVEL KEMBAR KEEMPAT KARYA SEKAR AYU ASMARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan membicarakan novel Kembar Keempat berdasarkan aspek ditinjau dari teks naratif. Pertama, penulis akan membahas tentang pencerita. Istilah “pencerita” dihubungkan dengan gejala seperti cakap langsung, tetapi dalam Kembar Keempat pihak pencerita yang tidak terlihat. Dalam Kembar Keempat, muncul pula penutur primer dan sekunder yang merupakan ciri khas bagi aspek jenis ini. Fungsi analisis pertama adalah untuk menjawab siapa yang bercerita mengenai dunia tempat peristiwa-peristiwa dalam Kembar Keempat terjadi. Analisis yang kedua, penulis akan membahas tentang sudut pandang atau biasa disebut fokalisator. Sudut pandang atas dunia cerita sangat berpengaruh terhadap makna yang ada dalam novel Kembar Keempat itu sendiri. Aspek yang kedua ini berguna untuk menjawab bagaimana wajah dunia (fiktif) Kembar Keempat disajikan lewat pengantaran campuran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan pencerita tokoh yang mengalami incest, dengan cara pengidentifikasian terhadap tokoh utama yang merupakan tokoh terlibat dalam masalah incest. Penelitian ini menggunakan teori struktur naratif, yang merupakan bagian dari teori struktural untuk mengetahui pencerita, cerita dan fokus, juga penokohan yang terdapat dalam teks. Pada tahap kedua menganalisis bagaimana pandangan pencerita memaknai incest. Hasil analisis naratif menunjukkan bahwa terdapat dua pencerita yaitu pencerita primer (pencerita maha tahu) dan pencerita sekunder (Bhajra) yang akan mengantarkan pemaknaan novel Kembar Keempat. Selain itu, novel Kembar Keempat menunjukkan bahwa dalam novel Kembar Keempat karya Sekar Ayu Asmara ditemukan kenyataan lewat pencerita menentang keras atas hubungan sekandung (incest).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.13 12 Per p
Uncontrolled Keywords: NOVEL
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
NIA DYANA IKA PERSNAWATI, 120710041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAdi Setijowati, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 03:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item