PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN MENGKAFANI JENAZAH KARYA NANANG BUDI HARIJONO

DITA MAULUDDYAH RACHMANIA, 120710160 (2012) PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN MENGKAFANI JENAZAH KARYA NANANG BUDI HARIJONO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tokoh dan mengetahui bentuk-bentuk perjuangan perempuan melalui pandangan dan pengalaman tokoh perempuan dan latar sosial sebagai langkah awal mengetahui adanya perjuangan perempuan dalam novel Perempuan Mengkafani Jenazah sebagai usaha perlawanan atas konstruksi perempuan yang mapan di masyarakat yang menimbulkan bias ketidakadilan. Penelitian ini mempunyai dua tahap yaitu tahap analisis yang paling dasar mengenai analisis struktur novel. Analisis struktur novel merupakan analisis yang terutama sebelum analisis yang lain karena dapat membantu mempermudah analisis feminis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Perempuan Mengkafani Jenazah merupakan novel feminis karena novel ini mengritik konstruksi perempuan yang menyubordinasi perempuan, menyuarakan persamaan sepenuhnya antara laki-laki dan perempuan, serta menuntut adanya otonomi perempuan yang semuanya bermuara pada kesadaran tentang posisi karena telah meruntuhkan prasangka gender yang menjadikan perempuan sebagai manusia dunia kelas dua sehingga memberikan peluang bagi laki-laki untuk membuat “kuasa” pada perempuan yang menyebabkan munculnya perlawanan pada novel Perempuan Mengkafani Jenazah. Perjuangan perempuan yang ditemukan dalam novel Perempuan Mengkafani Jenazah meliputi lima hal. Pertama, konsep perempuan melalui tokoh perempuan dan latar sosial. Kedua, penyangkalan label perempuan dan kesadaran tentang posisi yang diungkapkan oleh tokoh Ulas. Ketiga, penyangkalan terhadap konsep pernikahan. Keempat, pembongkaran terhadap ketidakadilan sosial yang menerangkan pandangan tokoh Ulas terhadap stereotip perempuan dan posisi perempuan dalam pernikahan. Serta kelima, tokoh Ulas berusaha menyuarakan narasi kesejajaran laki-laki dan perempuan. Usaha tersebut adalah bentuk usaha untuk meluruskan pemaknaan mengenai gender yang selama ini menimbulkan prasangka gender yang menjadikan perempuan pada posisi yang lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.17 12 Rac p
Uncontrolled Keywords: NOVEL
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
DITA MAULUDDYAH RACHMANIA, 120710160UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.B. Putera Manuaba,, Dr, MHumUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 03:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item