PENERAPAN TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI USTAD NUR MAULANA PADA TAYANGAN ISLAM ITU INDAH DI TRANS TV

Dita Nidya Pratiwi, 120810244 (2012) PENERAPAN TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI USTAD NUR MAULANA PADA TAYANGAN ISLAM ITU INDAH DI TRANS TV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan tindak tutur yang tepat dalam proses komunikasi dianggap penting untuk menyampaikan sebuah informasi kepada mitra tutur. Televisi sebagai media elektronik yang dapat dinikmati oleh semua kalangan sangat mempunyai pengaruh terhadap perkembangan pola kebahasaan masyarakat. Oleh sebab itu, bagi penutur bahasa yang menggunakan televisi sebagai media penyampai pesan, diharapkan untuk lebih memperhatikan jenis tuturan yang digunakan. Dengan demikian, penelitian mengenai penerapan sejumlah tindak tutur oleh Ustad Nur Maulana pada tayangan Islam Itu Indah ini dapat dijadikan salah satu contoh pemilihan serta pengaplikasian jenis tindak tutur khususnya saat melakukan dakwah. Dalam skripsi ini, akan dideskripsikan bagaimana bentuk penerapan tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi yang digunakan oleh Ustad Nur Maulana pada tayangan Islam Itu Indah di TRANS TV sehingga, dapat membingkai acara kerohanian Islam tersebut menjadi lebih baik, menarik, dan mudah dipahami. Selain itu, deskripsi pada skripsi ini juga dapat memberikan manfaat bagi lembaga atau personal yang berkepentingan untuk menyampaikan pesan dakwah khususnya terhadap penggunaan bahasa lisan. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan tuturan-tuturan Ustad Nur Maulana yang termasuk dalam ketiga jenis tindak tutur tersebut, serta dapat diketahui secara jelas fungsi dari penggunaan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi oleh Ustad Nur Maulana ketika acara Islam Itu Indah berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.22 12 Pra p
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION ; SPEECH ACT
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
Dita Nidya Pratiwi, 120810244UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTubiyono,, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27085
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item