KEMAMPUAN BERCERITA SISWA USIA 7-8 TAHUN BERDASARKAN KLASIFIKASI KALIMAT BAHASA INDONESIA DI SDN KALIJUDAN KECAMATAN MULYOREJO SURABAYA

YOEKIE ADITYA PRAYOGA, 120810404 (2012) KEMAMPUAN BERCERITA SISWA USIA 7-8 TAHUN BERDASARKAN KLASIFIKASI KALIMAT BAHASA INDONESIA DI SDN KALIJUDAN KECAMATAN MULYOREJO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bercerita siswa usia 7-8 tahun berdasarkan klasifikasi kalimat di SDN Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Surabaya. setiap anak pada usia tersebut sudah dapat membuat sebuah kalimat, namun kemampuan setiap anak dalam membuat kalimat berbeda. Hal tersebut dikarenakan faktor kepribadian anak dan lingkungan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak libat cakap, peneliti memperhatikan penggunaan kalimat anak-anak dalam bercerita. Selain itu juga digunakan teknik rekam untuk memperoleh data secara lisan dari objek penelitian tentang kalimat yang dikuasai oleh para siswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah klasifikasi kalimat pada anak usia 7-8 tahun dan pola kalimat. Pada anak usia 7-8 tahun SDN Kalijudan Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya tersebut mampu membuat kalimat tunggal, Kalimat majemuk dan kalimat minor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.29/12 Pra k
Uncontrolled Keywords: PSYCHOLINGUISTIC
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
YOEKIE ADITYA PRAYOGA, 120810404UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDra Dwi Handayani, , M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Dec 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 08:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27157
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item