ANALISIS SEMIOTIK DAN WACANA PADA IKLAN ROKOK LA LIGHTS �YANG LAIN BERSANDIWARA, GUE APA ADANYA!� VERSI TOPENG MONYET DI MEDIA TELEVISI

AYU PRASETYANINGTYAS, 120810253 (2012) ANALISIS SEMIOTIK DAN WACANA PADA IKLAN ROKOK LA LIGHTS �YANG LAIN BERSANDIWARA, GUE APA ADANYA!� VERSI TOPENG MONYET DI MEDIA TELEVISI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Semiotik dan Wacana pada Iklan Rokok LA Lights ‘Yang Lain Bersandiwara, Gue Apa Adanya!’ Versi Topeng Monyet di Media Televisis”, bertujuan untuk mendeskripsikan makna-makna dengan menggunakan peta tanda semiotik Barthes serta mendeskripsikan jenis-jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dengan cara menyimak tampilan iklan, teknik rekam dengan cara merekam tampilan iklan, teknik catat dengan cara mencatat potongan setiap scene iklan. Hasil penelitian ini berupa (1) deskripsi makna yang ditangkap dari unsur tanda, penanda, dan petanda yang dihadirkan dalam dua tingkat pertandaan yaitu denotasi dan konotasi pada setiap scene dalam iklan (2) penggolongan data ke dalam jenis wacana narasi, wacana deskripsi, wacana eksposisi, wacana argumentasi, dan wacana persuasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam iklan rokok LA Lights ‘Yang Lain Bersandiwara, Gue Apa Adanya!’ versi topeng monyet memiliki pesan sosial yang dimaknai oleh publik melalui berbagai tanda yang dapat ditangkap atas pembacaan iklan tersebut serta jenis-jenis wacana yang memiliki peran dalam membangun sebuah makna pada iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.31/12 Pra a
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING ; CIGARETTE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
AYU PRASETYANINGTYAS, 120810253UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTubiyono, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Dec 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 09:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27159
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item