KEMAMPUAN BAHASA VERBAL PADA ANAK DOWN SYNDROME DI YPAC SEMOLOWARU SURABAYA

ANNASTY KARINA, 120810270 (2012) KEMAMPUAN BAHASA VERBAL PADA ANAK DOWN SYNDROME DI YPAC SEMOLOWARU SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-karinaanna-21754-7.abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
352.gdlhub-gdl-s1-2012-karinaanna-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kemampuan Bahasa Verbal Pada Anak Down Syndrome Di YPAC Semolowaru Surabaya”, bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa verbal pada anak down syndrome berdasarkan kata dan kalimat yang dihasilkan. Berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia, yaitu kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata ganti, kata bilangan, kata sambung, kata depan, kata berimbuhan, dan kata ulang. Sedangkan berdasarkan jenis kalimat bahasa Indonesia yaitu berdasarkan pengucapan (kalimat langsung dan kalimat tak langsung), berdasarkan isi atau fungsinya (kalimat perintah, kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat seruan), berdasarkan unsur kalimat (kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap), berdasarkan susunan subyek dan predikat (kalimat versi dan kalimat inversi), berdasarkan predikatnya (kalimat aktif, dan kalimat pasif), berdasarkan bentuk gaya penyajiannya atau retorikanya (kalimat yang melepas, kalimat yang klimaks, dan kalimat yang berimbang), berdasarkan jumlah frasanya (kalimat tunggal dan kalimat majemuk). Anak down syndrome memiliki kemampuan yang terbatas dalam berbicara dan berbahasa, khususnya dalam hal menghasilkan kata dan kalimat yang utuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cakap. Data diperoleh dengan cara observasi, teknik rekam dan catat. Untuk mengetahui kemampuan bahasa verbal anak down syndrome secara natural yaitu dengan cara mengajak ngobrol anak tersebut saat sedang bermain. Adapun subjek pada penelitian ini adalah tiga anak yang belajar di YPAC Semolowaru Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah data berupa ujaran katakata dan kalimat yang mereka ujarkan berdasarkan pertanyaan diberikan. Dari data ujaran tersebut, kemudian digolongkan sesuai kelas kata dan kalimat bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa mayoritas kata yang dapat diujarkan anak down syndrome adalah kata benda yang memang bersifat konkret dan kalimat yang tidak lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.42/12 Kar k
Uncontrolled Keywords: DOWN SYNDROME
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
ANNASTY KARINA, 120810270UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Handayani, Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 17 Dec 2012 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 05:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item