ETNIS TIONGHOA DI SURABAYA PADA MASA REVOLUSI (1945-1949)

NUNIK PURWANTI, 120610212 (2011) ETNIS TIONGHOA DI SURABAYA PADA MASA REVOLUSI (1945-1949). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-purwantinu-21981-8.abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (full text)
Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji tentang peran etnis Tionghoa pada masa revolusi di Surabaya. Permasalahan pokok yang diangkat dalam studi ini ialah bagaimana peran serta etnis Tionghoa dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan apa saja usaha-usaha etnis Tionghoa untuk menjalin kerja sama dengan golongan pribumi. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi, pengumpulan sumber, kritik sumber, penafsiran, dan penulisan. Sumber yang banyak digunakan dalam penulisan ini berupa koran-koran sejaman, dan wawancara dengan beberapa saksi sejarah. Nasionalisme yang tumbuh pada golongan Tionghoa di awal abad ke-20, membuat etnis Tionghoa di Surabaya bersimpati pada perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh pemuda revolusioner. Berbagai bantuan dan dukungan selama masa revolusi dari warga etnis Tionghoa memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas keamanan kota Surabaya. Kesimpulan dari studi ini ialah, bahwa berbagai aktifitas tokoh-tokoh Tionghoa dalam masa revolusi kemerdekaan menunjukkan bahwa golongan Tionghoa bukanlah kelompok yang terpisah dari bagian masyarakat Surabaya. Sumbangsih dan peran etnis Tionghoa dalam memperjuangkan kemerdekaan di Surabaya tidak kalah pentingnya dari peran kelompok masyarakat lainnya dalam pembentukan Negara dan bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.SEJ.31/11 Pur e
Uncontrolled Keywords: CHINESE ETHNIC
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1001-3208 Chinese language and literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NUNIK PURWANTI, 120610212UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorShinta Devi Ika Santhi Rahayu, S.S., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: hari
Date Deposited: 26 Dec 2012 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27190
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item