INDUSTRI DI SURABAYA PADA MASA PEMERINTAHAN WALIKOTA SOEKOTJO TAHUN 1965-1974

DEVI KRISTIANA ANGGRAINI, 120710286 (2013) INDUSTRI DI SURABAYA PADA MASA PEMERINTAHAN WALIKOTA SOEKOTJO TAHUN 1965-1974. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-anggrainid-33060-7.-abstr-k.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini menjelaskan tentang perkembangan Kota Surabaya sebagai kota Industri pada masa pemerintahan Soekotjo tahun 1965-1974. Permasalahan yang diangkat diantaranya adalah pembangunan Kawasan Industri di Kota Surabaya sehingga menyebabkan semakin banyaknya pendatang dari berbagai desa untuk dapat bekerja di Surabaya sebagai buruh yang membuat pemerintahan Kota Surabaya mengupayakan untuk melakukan perluasan wilayah kota dari masa ke masa periode pemerintahan Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode sejarah. Sumber yang digunakan sebagai bahan pengkajian, menggunakan sumber primer seperti arsip, koran, dan majalah se-jaman, serta buku-buku maupun artikel yang relevan sebagai penunjang. Perkembangan industri di Surabaya tidak lepas dari peran Soekotjo sebagai Walikota Surabaya. Berbagai kebijakan yang dibuat Soekotjo terhadap sektor industri memberi dampak yang sangat besar, diantaranya: munculnya kawasan industri, banyaknya pendatang yang masuk ke Surabaya sebagai buruh pabrik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembangunan kawasan industri berpengaruh terhadap pertumbuhan sosial ekonomi Surabaya. Pertumbuhan tersebut memunculkan dampak diantaranya: kepadatan penduduk, adanya rumah-rumah sewa untuk buruh pabrik, dan perubahan lahan dari yang diperuntukan untuk pertanian menjadi pusat industri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB-KK2 FS.SEJ.03/14 Ang i
Uncontrolled Keywords: Surabaya, Industri, Rungkut, Soekotjo
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
DEVI KRISTIANA ANGGRAINI, 120710286UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorShinta Devi Ika S.R, S.S., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 29 Jan 2014 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 02:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27216
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item