KOMUNITAS CINA KRISTEN DI SURABAYA MASA ORDE BARU 1966-1998

NIKEN OKTAVIANTI, 120510899 (2013) KOMUNITAS CINA KRISTEN DI SURABAYA MASA ORDE BARU 1966-1998. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-oktavianti-33061-6.-abstr-k.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang Komunitas Cina Kristen di Surabaya pada masa Orde Baru.Pokok permasalahan yang diangkat dalam kajian ini mengenai orangorang Cina yang beragama atau memeluk keyakinan Kristen pada masa Orde Baru, yang kemudian menimbulkan sebuah komunitas di Surabaya yaitu orang Cina yang beragama Kristen. Terbentuknya komunitas Cina Kristen ini pada awalnya merupakan dua budaya yang berbeda, agama Kristen merupakan agama orang Eropa sedangkan orang Cina merupakan kelompok yang menjunjung adat kebudayaan leluhur.Peleburan dua perbedaan ini terjadi di Surabaya yang bukan merupakan asal dari agama Kristen atau asal Orang Cina. Proses orang Cina untuk memeluk agama Kristen dipengaruhi oleh keadaan, pada masa pemerintahan kolonial di Surabaya, orang-orang Belanda yang mayoritas beragama Kristen memegang kekuasaan, orang Cina yang diangap minoritas berusaha mendekati pemegang kekuasaan di Surabaya tersebut untuk mencari aman, sehinga memungkinkan utuk orang Cina bergabung atau bergaul dengan pihak kolonial antara lain orang Cina berusaha menyerupai seperti orang Belanda dengan memeluk agama yang sama,yaitu agama Kristen mereka rela meninggalkan ajaran atau kepercayaan leluhurnya demi mendapat kesetaraan dengan orang-orang Eropa. Hasil penelitian yang disajiakan dalam tulisan ini menunjukan bahwa adanya konversi agama oleh orang Cina pada masa Orde Baru di Surabaya, kekerasan dan diskriminasi terhadap orang Cina sangat mencolok, bahkan berlakunya larangan untuk bersembahyang di klenteng secara kentara membuta mereka tertekan, dari sinilah mereka banyak yang memeluk agama Kristen karena mereka takut diangap golongan PKI yang tidak memeiliki agama. Komunitas Cina Kristen merupakan bentuk dari keragaman penduduk di kota Surabaya, yang menjadikan kota ini berkembang pesat karena keanekaragaman penduduknya, diharapkan agar semua keanekaragaman yang ada di Surabaya bisa terus bekerja sama, tanpa adanya pembedaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB-KK2 FS.Sej.02/14 Okt k
Uncontrolled Keywords: Komunitas , CinaKristen, Surabaya.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
NIKEN OKTAVIANTI, 120510899UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEni Sugiarti, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 29 Jan 2014 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 02:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item