RELASI SUDUT PANDANG TOKOH UTAMA DENGAN SUDUT PANDANG PENGARANG TENTANG PERNIKAHAN DALAM NOVEL JALAN BANDUNGAN KARYA NH. DINI

NADYA AFDHOLY, 120810008 (2013) RELASI SUDUT PANDANG TOKOH UTAMA DENGAN SUDUT PANDANG PENGARANG TENTANG PERNIKAHAN DALAM NOVEL JALAN BANDUNGAN KARYA NH. DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-afdholynad-27726-4.abstr-k.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.03-13 Afd r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi berjudul “Relasi Sudut Pandang Tokoh Utama dengan Sudut Pandang Pengarang tentang Pernikahan dalam Novel Jalan Bandungan karya Nh. Dini” ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur yang membangun yang meliputi alur, tokoh/karakter tokoh utama, dan sudut pandang serta mendeskripsikan relasi sudut pandang tokoh utama dalam novel Jalan Bandungan dengan biografi pengarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah sudut pandang tokoh Muryati tentang pernikahan dalam novel Jalan Bandungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural novel dan sosiologi pengarang. Hasil analisis struktural novel Jalan Bandungan yaitu alur, tokoh/penokohan, latar dan sudut pandang dapat diperoleh bahwa kuatnya aspek penokohan pada tokoh Muryati yaitu kegagalannya mengarungi bahtera rumah tangga. Adanya kegagalan mengarungi bahtera rumah tangganya tersebut sehingga dibutuhkan teori sosiologi pengarang. Wellek dan Warren, serta Watt, membagi wilayah yang menjadi kajian sosiologi pengarang antara lain: status sosial pengarang, ideologi sosial pengarang, latar belakang sosial budaya pengarang, posisi sosial pengarang dalam masyarakat, masyarakat pembaca yang dituju, mata pencaharian sastrawan (dasar ekonomi produksi sastra) profesionalisme dalam kepengarangan. Hasil penelitian dari novel Jalan Bandungan ialah adanya kesamaan sudut pandang antara tokoh utama dengan kehidupan pengarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 03/13 Afd r
Uncontrolled Keywords: RELASI SUDUT PANDANG TOKOH UTAMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
NADYA AFDHOLY, 120810008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ratnawati,, Dra., M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 28 Oct 2013 12:00
Last Modified: 05 Aug 2016 01:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item