PENGARUH GUILT APPEALS DAN STORYTELLING DALAM IKLAN PADA SIKAP & NIAT MEMBERIKAN DONASI KEPADA ORGANISASI NIRLABA

ACHMAD REKHA RIZQULLAH, 041211233086 (2016) PENGARUH GUILT APPEALS DAN STORYTELLING DALAM IKLAN PADA SIKAP & NIAT MEMBERIKAN DONASI KEPADA ORGANISASI NIRLABA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.04-16 Riz p-adln.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (fulltext)
2725.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji perbedaan sikap terhadap iklan organisasi nirlaba berdasarkan kombinasi strategi guilt appeals dan storytelling menggunakan uji MANOVA, yang dikaitkan dengan niat berdonasi kepada organisasi nirlaba menggunakan uji regresi. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 3(guilt appeals) x 2(storytelling) dan mengumpulkan data dari 210 partisipan. Stimuli dibentuk melalui 3 tahap yaitu pemilihan organisasi nirlaba, penentuan isu, dan penggunaan kisah atau narasi. Variabel terukur sikap terhadap iklan dan niat berdonasi diukur dengan masing-masing 6 dan 5 indikator dengan skala Likert 4 poin. Di dalam penelitian ini, ditemukan bahwa penggunaan guilt appeals yang berbeda tidak memiliki perbedaan pada sikap terhadap iklan, namun memiliki perbedaan pada niat berdonasi. Sedangkan penggunaan storytelling dan non-storytelling sama-sama menghasilkan nilai yang tinggi pada sikap terhadap iklan dan niat berdonasi. Dalam penelitian ini pula ditemukan bahwa ada perbedaan sikap terhadap iklan dan niat berdonasi dengan strategi interaksi antara guilt appeals dan storytelling. Selain itu, dalam penelitian terbukti bahwa sikap terhadap iklan berpengaruh positif terhadap niat berdonasi, sesuai dengan penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.04/16 Riz p
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ACHMAD REKHA RIZQULLAH, 041211233086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja, SE., M.Com., Ph.D.,UNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 11 Mar 2016 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 17:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2725
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item