WACANA MARKETING REVOLUTION TUNG DESEM WARINGIN: ANALISIS WACANA BERDASARKAN TUJUAN KOMUNIKASI DAN FUNGSI ILOKUSI

VIKA SUCI PRIMADANI, 120911012 (2013) WACANA MARKETING REVOLUTION TUNG DESEM WARINGIN: ANALISIS WACANA BERDASARKAN TUJUAN KOMUNIKASI DAN FUNGSI ILOKUSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-primadaniv-27846-4.abstr-k.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.62-13 Pri w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji wacana berdasarkan tujuan komunikasi dan fungsi tindak tutur ilokusi dalam seminar Marketing Revolution Tung Desem Waringin. Pada sebuah seminar bisnis tuturan dengan tujuan komunikasinya sangatlah penting. Komunikasi yang dilakukan pada seminar bisnis mempunyai konteks tertentu seperti menjadi dorongan atau motivasi untuk mitra tuturnya agar bertindak sesuai dengan yang diucapkan penutur dan mengambil langkah sesuai yang diucapkan penutur sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana berdasarkan tujuan komunikasi. Selain itu, terdapat pula tindak tutur ilokusi yang terdapat pada seminar bisnis. Tindak tutur ilokusi pada seminar bisnis digunakan untuk menyampaikan ilmu, informasi, kisah, dan motivasi yang merupakan daya penggerak pada individu untuk melakukan sesuatu secara maksimal sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi ilokusi. Penelitian ini bersifat deskriptif karena penelitian dilakukan semata-mata berdasarkan fakta yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak, yaitu menyimak penggunaan bahasa pada seminar Marketing Revolution Tung Desem Waringin, kemudian data dicatat dan diklasifikasi berdasarkan tujuan komunikasi dan tindak tutur. Setelah itu data dianalisis dan disajikan. Hasil penelitian ini terdapat lima jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi, yaitu wacana persuasi, wacana deskripsi, wacana eksposisi, wacana argumentasi, dan wacana narasi. Sedangkan fungsi tindak tutur tindak tutur ditemukan tindak tutur direktif terdiri dari tindak meminta atau memohon. Tindak tutur ekspresif terdiri dari tindak memuji. Tindak tutur komisif terdiri dari tindak menjanjikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 62/13 Pri w
Uncontrolled Keywords: MARKETING REVOLUTION
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
VIKA SUCI PRIMADANI, 120911012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNi Wayan Sartini,, Dr., Dra., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 29 Oct 2013 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 06:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27286
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item