FUNGSI DAN MAKNA PENGHADIRAN AYAT ALKITAB DALAM NOVEL NOVUS ORDO SECLORUM KARYA ZAYNUR RIDWAN

INTAN KUSUMANINGTYAS, 120710033 (2013) FUNGSI DAN MAKNA PENGHADIRAN AYAT ALKITAB DALAM NOVEL NOVUS ORDO SECLORUM KARYA ZAYNUR RIDWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-kusumaning-27851-6.abstr-k.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BI.67-13 Kus f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Fungsi dan Makna Penghadiran Ayat Alkitab dalam Novel Novus Ordo Seclorum karya Zaynur Ridwan”. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama, mengetahui modus pengahdiran ayat Alkitab dalam novel. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah mengetahui fungsi dan makna dari penghadiran ayat Alkitab dalam novel. Penelitian ini menggunakan metode intertekstual, yakni metode yang membandingkan, mensejajarkan dua jenis teks yang berbeda. Dua teks yang disejajarkan dalam penelitian ini adalah teks novel sebagai teks transformasi dan teks Alkitab sebagai teks hipogram. Penelitian ini memanfaatkan teori semiotika Michale Riffaterre untuk mengungkap apa saja perubahan yang terjadi pada hipogram. Perubahan tersebut meliputi pergantian arti (displacing of meaning) sampai perusakan arti (distorting of meaning). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa novel ini menghadirkan ayat Alkitab dalam dua cara. Cara penghadiran yang pertama adalah dengan menampilkan perikop Alkitab secara lengkap. Cara penghadiran yang kedua adalah dengan menampilkan kata kunci yang diambil dari Alkitab. Penelitian juga berhasil mengetahui fungsi dan makna dari penghadiran ayat Alkitab. Penghadiran ayat Alkitab dalam novel ini setidaknya mempunyai dua fungsi. Fungsi pertama adalah sebagai perantara bagi kelogisan cerita. Fungsi kedua adalah sebagai pembuktian citra negatif Yahudi. Penelitian ini juga berhasil mengungkap makna dari kehadiran ayat Alkitab dalam novel. Penghadiran ayat Alkitab dalam novel ini, setidaknya berisi dua makna. Makna pertama adalah petunjuk tentang praktik zionisme. Makna kedua adalah gambaran futuristik tentang zionisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 67/13 Kus f
Uncontrolled Keywords: PENGHADIRAN AYAT ALKITAB
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
INTAN KUSUMANINGTYAS, 120710033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPuji Karyanto,, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 29 Oct 2013 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 01:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27291
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item