PABRIK GULA CANDI SIDOARJO Sejak Masa Tanam Paksa Hingga Tahun 1990-an

MUHAMAD NOFAL ARDIANSYAH, 120914034 (2013) PABRIK GULA CANDI SIDOARJO Sejak Masa Tanam Paksa Hingga Tahun 1990-an. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ardiansyah-32386-7.-abstr-k.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (full text)
FS.Sej.10-13%2520Ard%2520p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini membahas perkembangan pabrik gula pada masa tanam paksa hingga tahun 1990-an. Skripsi ini akan melihat bagaimana perubahan pabrik yang bersangkutan selama periode panjang khususnya setelah masa nasionalisasi perusahaan oleh Pemerintah Indonesia, karena selama periode tersebut Pabrik Gula Candi Sidoarjo telah mengalami pergantian kepemilikan dan perubahan kebijakan yang diterapkan pemilik terhadap kondisi pabrik. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode sejarah yang terdiri dari kumpulan data Arsip Proefstation oost Java dan, Akta Notaris Pabrik Gula Candi serta laporan tahunan mengenai hasil produksi gula yang diperoleh dari Perpustakaan Pusat Penelitian Perkebunan Indonesia (P3GI) Pasuruan. Penulisan ini juga menggunakan sumber sekunder melalui beberapa wawancara narasumber untuk melengkapi keterbatasan sumber primer yang ada. Tujuan utama penulisan ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang melatarbelakangi masih beroperasinya Pabrik Gula Candi dalam mempertahankan perusahaan dari ancaman bangkrut. Terdapat pembahasan penting dalam penelitian ini seperti alasan dasar Pabrik Gula Candi mengalami perubahan kepemilikan dari tangan pengusaha pribumi keturunan Tionghoa ke tangan pengusaha swasta lain pada kurun waktu 1963 – 1993. Harapan setelah adanya perubahan kepemilikan akan membawa pengaruh besar terhadap perusahaan namun pemilik baru justru mengalami kebangkrutan akibat biaya hutang yang ditanggung setelah melakukan rehabilitasi. Solusi yang tepat demi memperbaiki keadaan perusahaan adalah menjual sebagian saham kepada pengusaha baru yang memiliki modal kuat. Diharapkan dengan adanya perubahan kepemilikan Pabrik Gula Candi dapat memproduksi gula dengan memperhatikan tingkat laba maupun rugi agar pabrik gula mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.Sej. 10/13 Ard p
Uncontrolled Keywords: CULTIVATION
Subjects: D History General and Old World
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMAD NOFAL ARDIANSYAH, 120914034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPurnawan Basundoro, Dr., SS., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 16 Jul 2017 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27336
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item