ANGKATAN MUDA TIONGHOA DI MALANG TAHUN 1945-1952

Moh.Bashiruddin, 120610173 (2013) ANGKATAN MUDA TIONGHOA DI MALANG TAHUN 1945-1952. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-bashiruddi-32388-8.-abstr-k.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (full text)
FS.Sej.11-13%20Bas%20a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angkatan Muda Tionghoa merupakan salah satu organisasi Tionghoa yang memiliki orentasi nasionalisme Indonesia. Angkatan Muda Tionghoa berdiri tahun 1945 sampai tahun 1952. pendiri Angkatan Muda Tionghoa adalah Siauw Giok Tjhan berserta kawan-kawannya. Pasukan tentara Indonesia memberikan dukungan terhadap Angkatan Muda Tionghoa dalam melakukan aktivitas, seperti mendorong perekonomian masyarakat kota untuk lebih maju, menyediakan Palang Biru sebagai tim penyelamat dan memberikan makanan kepada pasukan perang. Di tengah pergulatan rakyat kota, Angkatan Muda Tionghoa berperan aktif untuk membantuh perjuangan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan juga memiliki peran sebagai badan keamanan rakyat untuk mengantisipasi kerusuhan yang terjadi di kota. Rumusan masalah yang digunakan, yaitu: pertama, tentang aktivitas Angkatan Muda Tionghoa di Malang pada tahun 1945-1952. kedua, tentang pandangan nasionalisme Indonesia dikalangan Angkatan Muda Tionghoa. ketiga, tentang solidaritas Angkatan Muda Tionghoa terhadap sejumlah badan perjuangan Indonesia dalam mempertahankan perang kemedekaan di Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menjelaskan peran penting etnis Tionghoa dalam sejarah kota Malang pada masa revolusi. 2) menjelaskan hubungan kerja sama Angkatan Muda Tionghoa dengan sejumlah tokoh nasionalis pribumi. 3) menjelaskan aktivitas perjuangan Angkatan Muda Tionghoa dalam menyelamatkan para pengungsi di kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi pemilihan topik. Sedangkan tahapan-tahapan penelitiannya adalah : Heruistik, Kritik Sumber, Interpretasi dan historiografi. Sumber-sumber penelitian didapatkan di Perpustakaan Nasional Jakarta, Arsip Nasional Jakarta, Perpustakaan Medayu Agung Surabaya, Perpustakaan UNAIR dan Perpustakaan Departemen Ilmu Sejarah FIB UNAIR. Sumber-sumber tersebut kemudian diujikan melalui kritik eksternal dan internal kemudian diinterpretasikan. Hasil interpetasi selanjutnya dituangkan dalam historiografi berupa skripsi. Hasil penelitian ini adalah mulai pasca kemerdekaan Indonesia, Angkatan Muda Tionghoa berperan aktif untuk mengatasi problem masyarakat baik dalam masalah sentimen antar masyarakat etnis, kecurigaan masyarakat pribumi terhadap etnis Tionghoa dan pengungsian dari sejumlah masyarakat di Malang. Usaha yang dilakukan Angkatan Muda Tionghoa di Malang berupa kerjasama terhadap sejumlah organisasi masyarakat indonesia. Kerjasama tersebut dilakukan dengan cara membangun solidaritas kerakyatan sebagai bentuk strategi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Maka semua usaha perjuangan yang dijalankan Angkatan Muda Tionghoa di Malang menunjukkan semangat nasionalisme Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.Sej. 11/13 Bas a
Uncontrolled Keywords: NASIONALISME
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN50-995 By region or country
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
Moh.Bashiruddin, 120610173UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorShinta Devi lka Santhi Rahayu,, S.S., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27337
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item