INDUSTRI PABRIK GULA PAJARAKAN DI PROBOLINGGO DARI SWASTANISASI HINGGA NASIONALISASI 1885-1960

NUGROHO BAYU WIJANARKO, 120810004 (2013) INDUSTRI PABRIK GULA PAJARAKAN DI PROBOLINGGO DARI SWASTANISASI HINGGA NASIONALISASI 1885-1960. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-wijanarkon-32389-7.-abstr-i.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (full text)
FS.Sej.12-13%20Wij%20i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini akan mengambil fokus pembahasan kepada perkembangan pabrik gula (PG) Pajarakan, antara tahun tahun 1885 hingga tahun 1960. Skripsi ini akan melihat bagaimana perubahan pabrik yang bersangkutan, selama periode swastanisasi, masa Jepang, dan pasca kemerdekaan. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode sejarah yang terdiri dari pengumpulan data (heuristik), kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Data-data yang banyak digunakan adalah arsip surat menyurat antara PG Pajarakan dengan Proefstation Oost Javasuikerindustrie , Arsip dari jaarbook op suikerfabriekanten op Java, dan arsip dari buku Archief Voor Javasuikerindustrie, yang diperoleh dari Badan Arsip Jawa Timur, Perpusatakaan Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Pasuruan. Penelitian ini menemukan fakta bahwa perjalanan PG Pajarakan selama rentang waktu tersebut, mengalami kondisi pasang-surut. Untuk mencapai target produksi yang diharapkan, manajemen pabrik melakukan sejumlah upaya, antara lain: penggunaan bibit unggul, pemakaian mesin yang terbaik, serta dukungan modal yang kuat perusahaan swasta selaku pengelola. PG Pajarakan masih mampu bertahan hingga melalui masa Jepang dan revolusi kemerdekaan. Selama masa Jepang, pabrik vakum dari kegiatan, sehingga terjadi sejumlah kerusakan pada fasilitas pabrik, dan memerlukan perbaikan. Perbaikan tersebut meliputi: pembibitan dan peralatan, yang berperan vital bagi setiap industri gula. Setelah diadakan perbaikan, pabrik berhasil bangkit kembali. Peristiwa nasionalisasi, berdampak besar kepada PG Pajarakan, karena pabrik lantas dijalankan oleh para veteran yang kurang memahami secara tepat teknis menjalankan industri gula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.Sej. 12/13 Wij i
Uncontrolled Keywords: INDUSTRY
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN50-995 By region or country
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
NUGROHO BAYU WIJANARKO, 120810004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuryadi, Drs.,M.IP.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item