GERAKAN PEMBAHARUAN ORGANISASI PEREMPUAN ISLAM: AISYIYAH 1917-1945

HEFFRYAN AHMAD, 120810362 (2013) GERAKAN PEMBAHARUAN ORGANISASI PEREMPUAN ISLAM: AISYIYAH 1917-1945. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ahmadheffr-32395-8.-abstr-i.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (full text)
fs sej.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana gerakan pembaharuan Islam yang diusung oleh organisasi Aisyiyah. Penelitian ini merupakan studi tentang organisasi wanita Islam di Indonesia dalam melakukan gerakan untuk menghadapi segala bentuk perjuangan dalam merubah paradigma berpikir masyarakat tentang wanita yang saat itu sangat kental dengan tradisi Patriarkhi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gerakan pembaharuan yang dilakukan oleh organisasi Aisyiyah dan dalam bentuk apa saja. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1). Menjelaskan gerakan pembaharuan organisasi Aisyiyah pada tahun 1917-1945. (2). Menjelaskan peranan organisasi Aisyiyah di bidang kesamaan derajat kaum wanita. Sedangkan manfaat dalam penelitian ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang peranan organisasi Aisyiyah dalam mengangkat derajat wanita dan gerakan yang dilakukan dalam bidang pendidikan, sosial, agama, dan budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian sejarah Gerakan Pembaharuan yang diusung oleh organisasi Aisyiyah merupakan gerakan yang yang memberikan corak berbeda pada Islam. Gerakan Aisyiyah bertujuan untuk mengangkat derajat wanita. Gerakan-gerakan Aisyiyah dapat melalui dari berbagai bidang yaitu dalam bidang pendidikan, kesehatan dan juga sosial. Gerakan dalam bidang pendidikan berupa didirikannya sekolah-sekolah Aisyiyah, seperti TK ABA sedangkan dalam bidang kesehatan berupa kegiatan baby show. Dari urain tersebut dapat disimpulkan bahwa organisasi Aisyiyah merupakan organisasi bagian dari Muhammadiyah yang fokus pada wanita. Organisasi Aisyiyah ini berperan dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan juga agama. Sementara ajaran dari R.A. Kartini dengan gerakan yang diusung oleh organisasi Aisyiyah ini memiliki kesamaan dalam mengangkat derajat wanita agar sejajar dengan kaum pria, tapi organisasi Aisyiyah terfokus pada ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.Sej. 16/13 Ahm g
Uncontrolled Keywords: Islamic organizations
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
HEFFRYAN AHMAD, 120810362UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEny Sugiarti, S.S. M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 23:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27341
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item